Dipakai untuk Apa Saja Anggaran 2016? Ini Daftarnya

Sidang Tahunan MPR RI Tahun 2015
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin
VIVA.co.id
Presiden: Proyek Kereta Bandara Selesai Sesuai Target 2017
- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan bahwa Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2016 akan diarahkan pada pengembangan infrastruktur dan mendukung pembangunan. 

Jokowi Salat Jumat di Bandara Soekarno-Hatta
"Dengan memperhatikan strategi pembangunan nasional, kebutuhan pendanaan, dan penyelenggaraan Pemerintahan, anggaran belanja Pemerintah Pusat dalam RAPBN tahun 2016 diarahkan untuk kebijakan-kebijakan sebagai berikut, yakni, melanjutkan kebijakan subsidi yang tepat sasaran dan pengembangan infrastruktur untuk mendukung pembangunan," kata Jokowi menyampaikan RAPBN dan nota keuangan anggaran 2016 di DPR, Jumat 14 Agustus 2015. 

Fadli Zon dan Fahri Hamzah Puji Jokowi
Diutarakan Jokowi, anggaran 2016 akan digunakan untuk meningkatkan efektivitas pelayanan program Sistem Jaminan Sosial Nasional di bidang kesehatan. Mendukung upaya pemenuhan anggaran kesehatan sebesar lima persen dan anggaran pendidikan sebesar 20 persen dari APBN. 

Diutarakannya, pemerintah akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program bantuan sosial yang tepat sasaran. Mempertahankan tingkat kesejahteraan aparatur negara dengan memperhatikan tingkat inflasi untuk memacu produktivitas dan peningkatan pelayanan publik.

"Mendukung desentralisasi fiskal dengan mengalihkan alokasi Dana Dekonsentrasi dan Tugas Pembantuan ke Dana Alokasi Khusus. Melanjutkan kebijakan efisiensi pada belanja operasional dan penajaman belanja non-operasional. Dan, menyediakan dukungan bagi pelaksanaan Program Sejuta Rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah," katanya. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya