Kesalahan Atur Uang di Usia 20-an

Pasangan Boros.
Sumber :
  • Halomoney
VIVA.co.id
Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros
- Masa-masa umur 20-an menjadi umur matang untuk memulai kesuksesan. Saat di mana Anda mengenyam pendidikan kampus, lulus, dan akhirnya memasuki dunia kerja untuk pertama kali.
 
Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik
Sayangnya, di masa-masa ini banyak orang yang tidak memiliki pengaturan keuangan. Akhirnya, menjadi bangkrut saat usia 30-an.

Cara Hemat Atur Keuangan untuk Anak Kos
Nyatanya, kesalahan finansial yang fatal dalam masa-masa tersebut bisa berpengaruh besar terhadap kehidupan dalam dua hingga tiga dekade mendatang. 

Agar bisa menghindarinya, berikut adalah empat kesalahan atur uang yang sering dilakukan saat umur 20-an. 

Anti menabung

Entah apa alasannya, ketika sudah duduk di bangku kuliah, bagi sebagian orang, menabung menjadi tindakan yang lebih berat. 

Mungkin saja karena godaan bersenang-senang bersama teman-teman yang semakin besar.

Padahal, mahasiswa sebenarnya bisa melakukan berbagai aktivitas bersama teman yang menyenangkan dan tetap produktif, seperti memulai bisnis kecil-kecilan atau bekerja sampingan. 

Penghasilan yang didapat dari kegiatan tersebut nantinya bisa digunakan untuk membeli berbagai produk deposito dari lembaga keuangan terpercaya. 

Walau jumlahnya kecil, bila bisa menabung secara rutin sebenarnya uang yang dikumpulkan pun akan luar biasa. Contohnya, jika Anda mulai menabung sebesar Rp20 ribu per hari secara rutin. 

Jika dihitung, dalam waktu sepuluh tahun, total tabungannya adalah Rp73 juta dan jumlah ini bisa digunakan untuk uang muka rumah pertama.

Gunakan kartu kredit tanpa berhitung

Sekarang ini, tidak tidak jarang seseorang di usia 20-an yang sudah miliki kartu kredit. Bahkan, kini penyedia kartu kredit pun banyak yang menargetkan anak-anak muda di kampus sebagai konsumennya. 

Kartu plastik ini memang cukup memudahkan. Namun, hal ini bisa menjadi masalah besar jika penggunanya tidak dapat mengontrol penggunaan kartu kredit mereka dengan baik. (Baca: )

Loyal dengan teman

“Nongkrong yuks …,”. Ajakan itu mungkin sering didengar oleh Anda saat usia 20-an. Satu kali, dua kali, atau bahkan setiap hari, ajakan itu sering disetujui oleh Anda. 

Secara tidak sadar, setengah uang Anda dalam satu bulan harus mengalir ke aktivitas tersebut.

Ada pula yang merasa tidak enak dengan teman untuk menolak memberikan pinjaman uang. Baik dalam bentuk cash maupun menggunakan kartu kredit, meminjamkan uang tanpa berhitung bisa menjadi masalah di jangka panjang. 

Apalagi, jika teman tersebut bukan tipe yang bisa menepati janji. Bisa-bisa, utang justru dilupakan olehnya begitu saja.

Belum sadar pentingnya asuransi

Di usia 20-an, jika saja tidak diajak oleh orang tua, sebagian orang merasa dirinya belum membutuhkan asuransi. 

Padahal, selain lebih cepat dan mudah, asuransi juga memberikan rasa tenang bagi orang tua. Karena, dengan begitu, segala risiko kesehatan pun bisa ditangani tanpa masalah. Pertanyaannya, apakah Anda sudah memiliki asuransi? 

Harus disadari juga, semakin bertambahnya usia seseorang, premi yang harus dibayarkan untuk membeli produk asuransi juga semakin meningkat. 

Padahal, membeli produk asuransi sejak muda, harapannya akan menjadi lebih mandiri di dalam mengelola dana kesehatannya di hari tua. (art)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya