Teluk Lamong Bangun Pembangkit Listrik Ramah Lingkungan

Fasilitas bongkar muat di Pelindo III, Surabaya.
Sumber :
VIVA.co.id
34 Proyek Pembangkit Listrik Mangkrak, Negara Merugi
- Terminal Teluk Lamong, Surabaya, menyiapkan konsep pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG), yang ramah lingkungan. Pembangunan tersebut untuk mendukung program dari PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III (Persero) yang berkonsep ramah lingkungan. 

Risma: Jerman Sumbang Rp1,5 Triliun untuk Bangun Trem

"PLTMG tersebut akan dioperasikan ‎oleh PT Lamong Energi Indonesia (LEI), yang merupakan anak usaha sinergi antara Terminal Teluk Lamong dengan Max Power Indonesia. LEI akan menjadi perusahaan penyedia listrik berbahan bakar gas yang sangat efisien," kata Direktur Utama Terminal Teluk Lamong, Prasetyadi, di acara
Aplikasi Antibegal Bikinan Mahasiswa ITS
gound breaking pembangunan PLTMG, Kamis 27 Agustus 2015.‎


PLTMG‎ dibangun diatas lahan sembilan ribu meter persegi, yang dilaksanakan dalam dua tahap, tahun 2015 dan 2016. Tahap pertama, ‎total kapasitas listrik yang dihasilkan mencapai 6,6 Megawatt, dari dua pembangkit listrik tenaga mesin gas.


"Tujuan pembangunan tahap awal, untuk memenuhi kebutuhan listrik pada peralatan dan fasilitas di Terminal Teluk Lamong, yang sebagian besar menggunakan listrik. Dan, penambahannya dilaksanakan di tahun 2016," kata Prasetyadi.


‎Pembangunan di tahun 2016, akan menghasilkan kapasitas listrik, masing-masing 3,3 Megawatt. Terminal Teluk Lamong juga akan membangun pengolahan air dan limbah‎, pendistribusian gas serta broadband, pelayanan penunjang yang dise‎diakan oleh perusahaan pertama tersebut.


Rencana jangka panjangnya, Terminal Teluk Lamong disiapkan sebagai penyedia energi listrik dan utilitas di kawasan industri dan semua pelabuhan di Indonesia.


"Terminal Teluk Lamong dan wilayah Pelabuhan Tanjung Perak akan menjadi pelabuhan dan kawasan industri percontohan, yang menggunakan energi listrik dengan bahan bakar yang ramah lingkungan," kata Prasetyadi. (ren)




Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya