Resep PDIP Perkuat Rupiah: Setop Ekspor Minyak

Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristanto.
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis
VIVA.co.id
Premium Mau Ditarik dari Pasaran, Ini Tahapannya
- Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, sebenarnya tidak terlalu sulit memperkuat Rupiah sebagai lambang supremasi kedaulatan moneter di tengah "perang mata uang dunia". Syaratnya, Menteri ESDM, Menteri BUMN, dan Dirut Pertamina berani menyatakan seluruh minyak yang diproduksi di Indonesia dipakai untuk kilang minyak dalam negeri.

Investor Ragukan Produsen, Harga Minyak Kian Murah

“Keputusan politik itu penting. Bayangkan Indonesia memproduksi minyak mentah 800 barel per hari. Namun pada saat yang bersamaan kita impor minyak mentah sebesar 300 juta barel per tahun. Pertanyaannya, mengapa minyak Indonesia tidak dipakai sebagai
Harga Minyak AS Alami Kenaikan Tertinggi Selama Maret
feed stock kilang-kilang minyak kita? Siapa yang diuntungkan dari ekspor-impor tersebut,” ujar Hasto di Jakarta, Jumat 28 Agustus 2015.


Menurutnya, sebagai negara berdaulat, Pemerintah Indonesia bisa secepatnya mengeluarkan aturan, bahwa minyak porsi pemerintah hasil dari
production sharing contract
(PSC) harus diterima dalam bentuk crude. Sementara porsi kontraktor dalam skema PSC tersebut, katakanlah sekitar 80% dibeli oleh Pertamina dengan harga pasar.


“Jadi seluruh
crude
produksi dalam negeri langsung diproses untuk kilang kita. Para insinyur proses produksi Indonesia di kilang minyak kita dipastikan mampu melakukan
adjustment
operasi untuk berbagai varian
crude
minyak Indonesia. Saya percaya para
process engineers
Indonesia memiliki kompetensi dan nasionalisme untuk mengolah minyak kita sendiri,” ujarnya.


Dengan cara itu, maka kebutuhan dollar akan berkurang drastis. Pada saat bersamaan jika berbagai hambatan ekspor bisa ditekan, dan mata uang Rupiah dipakai untuk seluruh transaksi ekspor kita, maka Rupiah dipastikan akan menguat.


“Jadi Rupiah untuk Rupiah. Di sinilah momentum kebangkitan ekonomi dalam negeri di bawah kibaran mata uang Rupiah yang dipakai di seluruh transaksi dalam negeri,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya