Menteri Rini Imbau Bank BUMN Tingkatkan Transaksi Non Tunai

mudik bareng BUMN
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
VIVA.co.id
Pengembangan Organisasi di Masa Pandemi: BRI Jalankan BRIVolution 2.0
- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno, meminta kepada perbankan pelat merah yang tergabung dalam Himpunan Bank-bank Milik Negara (Himbara) meningkatkan penyediaan akses fasilitas transaksi non tunai secara menyeluruh untuk pelayanan masyarakat.

Pejabat yang Rangkap Jabatan di BUMN Diminta Buat LHKPN
"Kami buat program untuk Himbara tingkatkan non cash transaksi," ujar Rini, di Jakarta, Senin, 31 Agustus 2015.

Erick Thohir Klaim Temukan 53 Kasus Korupsi di BUMN
Dia menjelaskan, PT Jasa Marga Tbk bersama PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI), PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI), dan PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) menyepakati komitmen bersama untuk mengimplementasikan sinergi pembayaran elektronik jalan tol. 

Melalui sinergi ini, masyarakat dapat menggunakan Mandiri e-money, Brizzi, Tapcash, dan e-money BTN untuk pembayaran di jalan tol.
 
Melalui kerja sama tersebut, Rini mengimbau, agar seluruh perbankan BUMN dapat bersinergi. Selain untuk memperkuat masing-masing bank, Rini mengungkapkan, sinergi bank BUMN juga dapat membangun perekonomian nasional.

"Saya berharap, akhir 2016 seluruh jalan tol nasional harus pakai e-tol ini," tuturnya.

Dia menambahkan, dengan adanya e-tol, diharapkan dapat meningkatkan keamanan di gardu tol yang sering terjadi perampokan. "Saya berharap, di gerbang tol Jasa Marga tidak lagi sediakan uang tunai, sehingga potensi perampokan makin kecil," ujarnya.

Rini menyampaikan, kerja sama tersebut masih merupakan pekerjaan rumah bagi bank BUMN untuk terus meningkatkan fasilitas. Bukan hanya akses tol, melainkan juga moda transportasi lainnya.

"Bukan cuma tol, juga kereta api. Tapi pembayaran non cash, termasuk belanja, moda transportasi, pulsa juga mungkin ke depan dapat dilakukan," tuturnya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya