Perlu Diketahui Saat Ajukan Kartu Kredit Pertama

Kartu kredit.
Sumber :
  • Istimewa
VIVA.co.id
Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros
- Kebutuhan harian yang semakin beragam mau tak mau memaksa Anda untuk menyiapkan uang lebih demi dapat memenuhinya. 

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik
Selalu sedia uang tunai di dompet mungkin menjadi salah satu cara Anda untuk menyiasati kebutuhan-kebutuhan dadakan. Namun, tahukah Anda jika ada cara yang lebih praktis daripada selalu menyediakan uang tunai untuk kebutuhan tak terduga? 

Tips Sukses Bisnis Pencucian Mobil dan Motor
Ya! Kartu kredit bisa menjadi solusi untuk menyelamatkan Anda dari berbagai kebutuhan dana dadakan! Selain lebih praktis, kartu kredit juga menawarkan banyak manfaat dan keuntungan yang hanya dapat dinikmati oleh pemilik kartu kredit. 

Keuntungan yang bisa Anda dapatkan antara lain, memperoleh potongan harga, serta promo-promo menarik lainnya yang ditawarkan oleh bank-bank penerbit kartu kredit.

Mungkin sebagian orang masih berpikiran bahwa menggunakan kartu kredit sama saja dengan menumpuk utang di masa depan. Padahal, selama Anda selalu membayar tagihan tepat waktu, tagihan kartu kredit tidak akan menjadi momok yang menakutkan di masa mendatang.

Jika anda tertarik dan berencana untuk melakukan pengajuan pembuatan kartu kredit untuk pertama kalinya, berikut ini beberapa tips yang perlu anda ketahui.

1. Pahami kartu kredit secara umum

Sebelum memutuskan untuk mengajukan pembuatan kartu, sebaiknya Anda sudah lebih dulu memahami cara kerja serta pengetahuan umum seputar kartu kredit yang akan dipegang. 

Dengan pengetahuan dasar, Anda akan dapat menggunakan kartu kredit dengan bijak dan terhindar dari masalah di kemudian hari.

2. Ikuti prosedur pengajuan yang baik dan benar

Ada beberapa alternatif yang dapat Anda pilih untuk melakukan pengajuan kartu kredit, baik secara langsung dengan mendatangi bank penerbit, maupun melalui pengajuan secara online. 

Setelah itu, Anda hanya perlu mengikuti prosedur yang berlaku, yakni mengisi formulir, dan menyerahkan dokumen-dokumen pendukung yang diminta. 

Setelah melalui beberapa tahap verifikasi, dan pengajuan Anda diterima, kartu kredit akan segera dikirimkan ke alamat yang Anda berikan.

3. Limit kartu kredit

Setiap kartu kredit memiliki batas maksimum penggunaan, yang nantinya akan ditagihkan kepada Anda saat mendekati jatuh tempo pembayaran. 
Batas limit yang diberikan biasanya disesuaikan dengan besar penghasilan per bulan Anda. Hal ini bertujuan agar penggunaan kredit Anda tidak melebihi kemampuan bayar yang Anda miliki.

4. Kartu kredit dengan suku bunga rendah

Memilih kartu kredit dengan suku bunga rendah akan membuat beban cicilan bulanan Anda menjadi lebih ringan. 

Selain itu, pilihlah kartu kredit yang banyak bekerja sama dengan toko/merchant tertentu untuk menikmati keuntungan berupa potongan harga hingga cicilan dengan bunga 0 persen setiap kali Anda berbelanja di toko yang bersangkutan.

5. Tidak dikenakan biaya tahunan

Tahukah Anda? Kebanyakan bank akan membebaskan Anda dari tagihan rutin tahunan pada tahun pertama. 

Dengan adanya kesempatan ini, maka menjadikan jumlah tagihan yang harus dibayarkan akan menjadi lebih ringan. Selain itu, Anda juga harus terlebih dahulu memastikan bahwa tidak akan ada penalti sewaktu Anda tidak menggunakan kartu kredit. 

Frekuensi pemakaian kartu kredit  biasanya ikut memengaruhi tagihan tahunan yang akan dibebankan, semakin sering menggunakan kartu kredit untuk bertransaksi dapat membebaskan Anda dari beban tagihan tahunan.

6. Gunakan bank yang sama

Ketika mengajukan kartu kredit untuk pertama kali, alangkah baiknya jika Anda melakukan pengajuan di bank yang sama dengan tempat Anda menabung, karena dengan demikian, akan lebih mudah bagi pihak bank untuk melakukan pengecekan terhadap keadaan keuangan Anda dan memperbesar peluang pengajuan kartu kredit Anda untuk diterima.

Perkaya pengetahuan Anda

Nah, demikianlah beberapa hal yang perlu diketahui jika Anda baru pertama kali melakukan pengajuan pembuatan kartu kredit. 

Perkaya pengetahuan dasar mengenai kartu kredit dengan mencari tahu di berbagai sumber. Agar Anda bisa menggunakan alat ini secara bijak dan cermat. Semoga bermanfaat.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya