Ini Manfaat & Kemudahan Kartu Kredit yang Perlu Diketahui

Kartu Kredit
Sumber :
  • Halomoney
VIVA.co.id
Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros
- Suatu ketika, sebut saja Bunga, pergi berbelanja bersama teman-temannya. Setelah memperoleh segala yang dibutuhkan, mereka pun menuju kasir untuk melakukan pembayaran. 

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik
Buru-buru Bunga mengambil dompet dan menyiapkan uang sejumlah yang harus dia bayarkan untuk belanjaannya, sementara teman-temannya yang lain telah menyelesaikan pembayaran transaksi mereka menggunakan kartu kredit. 

Tips Sukses Bisnis Pencucian Mobil dan Motor
Spontan salah seorang temannya menyahut “Enggak repot ngitung duit dulu setiap bayar belanjaan sis?” Bunga hanya tersenyum, karena mau bagaimana lagi, kartu kredit saja Bunga belum punya.

Setelah berbelanja, Bunga kemudian mampir ke sebuah cafetaria untuk beristirahat sejenak. Sambil menikmati minuman yang dia pesan, Bunga kemudian melontarkan pertanyaan yang sedari tadi memicu rasa penasarannya mengenai manfaat bertransaksi menggunakan kartu kredit. 

Berikut adalah beberapa manfaat dalam bertransaksi menggunakan kartu kredit.

1. Lebih mudah dalam melakukan transaksi pembelian

Melakukan transaksi pembelian menggunakan uang tunai sebenarnya bukan masalah, apabila barang yang dibeli tidak banyak dan harganya tidak terlalu mahal. 

Namun, bayangkan apabila barang yang Anda beli cukup banyak, dengan harga yang bervariasi. Tentunya, Anda akan kerepotan menghitung dan menyiapkan uang tunai untuk membayar barang yang Anda beli. 

Selain itu, jumlah uang yang dibawa akan membuat ukuran dompet Anda menebal dan hal tersebut sangat tidak praktis bukan? 

Bahkan bisa jadi mengundang terjadinya tindak kejahatan oleh pencopet yang tergiur dengan dengan tebalnya dompet yang Anda bawa.

Tak hanya itu, bayangkan waktu yang terbuang untuk menghitung jumlah kembalian uang Anda dan menyusunnya kembali dalam dompet Anda. Sangat membuang waktu bukan? 

Hal ini tidak perlu Anda alami jika menggunakan kartu kredit. Pembayaran belanjaan Anda tidak perlu merepotkan kasir maupun diri Anda sendiri, tidak perlu menghabiskan waktu untuk menghitung kembalian, serta risiko mengundang terjadinya tindak kejahatan pun dapat diminimalisir.

2. Membantu Anda menghemat pengeluaran

Perlu Anda ketahui bahwa banyak pusat perbelanjaan, toko, food court, hotel, hingga maskapai penerbangan yang memberikan penawaran-penawaran khusus bagi pengguna kartu kredit. 

Misalnya, ketika membeli pakaian, Anda dapat memperoleh potongan harga atau dapat melakukan cicilan dengan bunga 0 persen. 

Hal ini tentunya membantu Anda untuk lebih berhemat bukan? Contoh lainnya, Anda dapat memperoleh diskon-diskon menarik saat melakukan booking hotel atau saat bersantai di ruang tunggu bandara sambil menunggu jadwal keberangkatan Anda. 

Di samping itu, Anda juga akan memperoleh poin-poin setiap kali bertransaksi menggunakan kartu kredit. Poin-poin tersebut nantinya dapat Anda kumpulkan dan ditukarkan dengan barang atau jasa tertentu yang pastinya akan lebih menguntungkan Anda.

3. Membantu pembayaran dalam keadaan darurat

Anda tak pernah tahu kapan akan mengalami situasi genting, seperti misalnya sanak keluarga Anda ada yang tiba-tiba harus menjalani perawatan di rumah sakit. 

Dalam keadaan seperti itu, Anda tidak selalu siap dengan uang tunai bukan? Di saat-saat seperti inilah melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit dapat menjadi alternatif yang sangat membantu. 

Keluarga Anda dapat segera memperoleh pertolongan, sementara Anda tak perlu dipusingkan oleh pembayaran tunai saat itu juga.

4. Memiliki daya tawar kredit

Memiliki kartu kredit juga dapat membuat Anda memiliki daya tawar yang lebih tinggi. Eh? Apa maksudnya? Jadi, ketika Anda hendak mengajukan pinjaman ke bank, Anda akan memerlukan catatan kredit yang baik untuk dapat memperlancar proses negosiasi dengan pihak bank. 

Dengan memiliki catatan kredit yang baik, Anda dapat mengajukan negosiasi seperti meminta bunga yang lebih rendah atau plafon kredit yang lebih besar. 

Catatan kredit yang Anda miliki akan menjadi salah satu pertimbangan penting bagi kreditur untuk mengucurkan pinjaman.


5. Bertransaksi lebih mudah saat berada di luar negeri

Jika Anda sering melakukan perjalanan ke luar negeri, Anda akan merasakan sekali manfaat dari memiliki kartu kredit. Karena Anda tak perlu dipusingkan dengan penukaran mata uang, persiapan uang tunai, menghitung kembalian, dan segala kerepotan transaksi tunai lainnya. 

Cukup menggunakan kartu kredit, segala transaksi Anda akan langsung terselesaikan dengan mudah dan cepat. Baca juga: Surcharge Kartu Kredit, Legal atau Tidak?

Lebih praktis dan menguntungkan

Ternyata, bertransaksi menggunakan kartu kredit banyak manfaatnya ya? Lebih praktis dan menguntungkan lagi. Meskipun begitu, pada dasarnya Anda mesti tetap berhati-hati dalam menggunakannya. 

Karena, dengan menggunakannya, berarti Anda sudah berhutang kepada pihak bank. Jadi, gunakan alat ini dengan bijak sesuai keperluan saja.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya