Wanita Dianggap Kurang Matang Siapkan Pensiun?

Ilustrasi asuransi.
Sumber :
  • www.google.com

VIVA.co.id - Walau memiliki angka harapan hidup yang lebih tinggi, riset membuktikan wanita masih kurang matang dibandingkan pria dalam perencanaan dana pensiun. Hal itu diungkap oleh laporan tahun 2014, dengan judul “Women and Retirement Report 2014” yang dibuat oleh perusahaan perbankan asal Skotlandia, Scottish Widows.

Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros

Laporan itu menyatakan, wanita di Inggris menabung 40 persen lebih sedikit dibandingkan pria di sana. Angka ini, lebih besar dibandingkan tahun sebelumnya, yaitu sebesar 38 persen.

Namun, sebenarnya faktor apa saja yang membuat wanita dianggap tidak matang dalam persiapkan dana pensiun?

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik

Minim menabung

Dari laporan tersebut, wanita rata-rata menabung sebesar 100 poundsterling, atau sekitar Rp2 juta per bulan untuk persiapan pensiunnya, 40 persen lebih sedikit dibandingkan pria.

Cara Hemat Atur Keuangan untuk Anak Kos

Bukan karena wanita lebih pelit di dalam menabung, namun ternyata karena wanita hanya menambah rata-rata jumlah uang yang ditabungnya per bulan untuk masa pensiun sekitar 6 poundsterling (Rp125 ribu) pada sepanjang tahun lalu.

Sebaliknya, pria menambah rata-rata jumlah uang yang ditabungnya per bulan untuk masa pensiun hingga 20 poundsterling ,atau sekitar Rp417 ribu.

Baca juga: Ini Caranya untuk Tetap Kaya di Saat Pensiun

Namun, laporan tersebut menjelaskan hanya 14 persen wanita yang mengatakan akan bergantung pada dana pensiun dari perusahaan tempat pasangannya bekerja.

Kurang informasi

Laporan itu juga mengungkap, hanya 15 persen wanita yang mengerti tentang dana pensiun, lebih sedikit dibandingkan 22 persen pria yang mengerti tentang produk finansial ini. Lebih buruk lagi, 78 persen wanita ternyata masih belum mengetahui jumlah dana yang dibutuhkan untuk menikmati masa pensiunnya dengan nyaman.

Baca juga: Beda Pria dan Wanita dalam Membayar Asuransi

Solusinya?

Berapa dana pensiun yang kita perlukan sangat bergantung pada gaya hidup macam apa yang kita inginkan di masa pensiun mendatang. Tetapi, biasanya berkisar antara 80 persen dan 125 persen dari gaji kita sekarang. Semakin mewah gaya hidup pada masa pensiun, makin tinggi juga persentase yang harus dipersiapkan.

Baca juga: Bisa Foya-foya, Tapi Tetap Kaya

Cara lainnya adalah dengan berinvestasi sejak awal. Instrumennya dapat berupa reksa dana saham, atau saham. Selain itu, Anda juga dapat berinvestasi tanah, atau properti. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya