Tips Ampuh Hindari Jeratan Utang Kartu Kredit

Kartu kredit.
Sumber :
  • Istimewa
VIVA.co.id
Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros
- Adanya kartu kredit memang memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam bertransaksi. Tanpa harus repot-repot menyiapkan uang tunai dan menghitung kembalian, proses pembayaran akan berlangsung lebih cepat dan mudah. 

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik
Selain itu, pengguna kartu kredit juga dapat lebih mudah melacak pengeluaran bulanannya melalui fasilitas electronic billing yang akan mengirimkan tagihan bulanan pengguna melalui email.

Tips Sukses Bisnis Pencucian Mobil dan Motor
Sayangnya, manfaat dan kemudahan ini seringkali tak dimanfaatkan secara bijak oleh pemiliknya, sehingga tak sedikit pengguna kartu kredit yang akhirnya terjerat utang kartu kredit. 

Sebagai pengguna yang budiman, Anda tentunya tidak ingin bernasib demikian bukan? Berikut ini, beberapa tips yang dapat Anda ikuti untuk menghindarkan diri Anda dari jeratan utang kartu kredit yang menumpuk.

1. Bayarlah tagihan tepat waktu

Jika Anda telah memutuskan untuk membeli barang menggunakan kartu kredit, artinya Anda juga harus siap dengan konsekuensi pembayaran cicilannya. 

Dalam hal ini, sangat disarankan agar Anda selalu membayar cicilan kartu kredit tepat waktu. Beragamnya fasilitas pembayaran yang tersedia, tentunya makin mempermudah Anda dalam melakukan pembayaran tagihan kartu kredit, antara lain melalui transfer, internet banking, pembayaran langsung via teller, pelunasan gestun, hingga melalui debet rekening tabungan. 

Jika kesibukan membuat Anda seringkali lupa akan kewajiban yang satu ini, ada baiknya Anda memilih alternatif pembayaran tagihan kartu kredit melalui debet rekening tabungan. 

2. Hindari tarik tunai dengan kartu kredit

Pada dasarnya, kartu kredit memiliki fungsi yang hampir sama layaknya kartu ATM, karena selain dapat digunakan sebagai alat pembayaran, pemegang kartu juga dapat melakukan penarikan tunai melalui kartu kredit.

Hal ini, tentunya menguntungkan, namun sebaiknya dihindari jika tidak dalam kondisi yang benar-benar darurat. 

Sebab, setiap penarikan tunai yang Anda lakukan akan dikenakan bunga sebesar empat persen, atau biaya minimal Rp40 ribu.

3. Jangan selalu bergantung pada kartu kredit

Walaupun memberikan banyak kemudahan, terlalu sering menggunakan kartu kredit dapat mengakibatkan tagihan Anda membengkak. 

Anda harus lebih selektif dalam melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit. Seringkali orang tergoda dengan iming-iming pembayaran belanja yang dapat dicicil dengan bunga nol persen hingga pengumpulan point reward

Hal ini membuat mereka semakin rajin menggunakan kartu kredit dalam setiap transaksinya. Tanpa disadari, tagihan yang menumpuk dapat semakin membengkak dan melebihi kemampuan bayar yang dimiliki. 

Karena itu, sebaiknya Anda lebih selektif dalam melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit.


4. Pilih kartu kredit dengan biaya rendah

Ketika berencana mengajukan pembuatan kartu kredit, telitilah dalam memilih. Sebaiknya pilih kartu kredit yang memiliki biaya terendah, termasuk cicilan dan bunganya. 

Hal ini, akan membantu meringankan beban tagihan kartu kredit Anda setiap bulannya.


5. Bayar cicilan

Biasanya kartu kredit mensyaratkan pembayaran dengan nilai tagihan minimum, atau 10 persen dari total tagihan. 

Biar terhindar dari tagihan tinggi, bayarlah tagihan sesuai nominal di atas yakni batas minimum. Perhatikan pula batas jatuh tempo serta melunasi jumlah sisa tagihan sebelum tanggal tersebut, agar tidak dikenai denda keterlambatan pembayaran. 

Selain itu, perhatikan juga batas maksimum kredit yang tercantum dalam kartu, jangan sampai konsumsi Anda melebihi batas ini.


Belilah barang sesuai kesanggupan Anda membayar.

Ketika berbelanja menggunakan kartu kredit, Anda perlu mempertimbangkan harga barang yang Anda beli. 

Jangan sampai harga barang yang Anda beli melampaui kemampuan bayar Anda. Hal ini tentunya untuk menghindari penumpukan utang tagihan kartu kredit setiap bulannya. 

Bayangkan jika pengeluaran Anda membengkak melebihi kemampuan bayar Anda akibat kurangnya perhitungan saat berbelanja menggunakan kartu kredit, utang tagihan yang harus Anda bayar setiap bulannya pun akan terus bertambah bukan?

Ada baiknya, Anda selalu menyusun anggaran pengeluaran untuk cicilan kartu kredit setiap bulannya, dan menyesuaikan pemakaian kartu kredit dengan anggaran yang telah anda siapkan.

Kartu kredit memang memberikan banyak manfaat dan kemudahan, asalkan diimbangi dengan penggunaan yang bijak dan tepat. 

Semoga dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat menjadi salah seorang pengguna kartu kredit yang bijak dan terhindar dari jeratan hutang tagihan kartu kredit yang tidak diinginkan. 


(asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya