Mau Fitnes? Ini Cara Pilih Tempat yang Sesuai Bujet

Ilustrasi Olahraga
Sumber :
  • istockphoto
VIVA.co.id
Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros
- Di bulan ini mungkin Anda memutuskan untuk aktif berolahraga lagi.

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik
Supaya hemat, jangan terburu-buru dan salah pilih tempat fitnes.
Cara Hemat Atur Keuangan untuk Anak Kos

Jika tidak, boro-boro mendapatkan tubuh sehat, bisa-bisa malah terkena stres yang dapat mengundang berbagai penyakit yang tak diinginkan. Bagaimana Anda bisa memilih tempat fitnes yang tepat dan bisa sesuai bujet, berikut adalah caranya:
 
Pilih yang dekat


Memiliki fisik yang prima dan bentuk tubuh yang ideal, Anda perlu melakukan latihan secara rutin. Anda harus menyediakan waktu untuk bolak-balik ke gym dengan jadwal yang teratur.


Karena itu, akan lebih baik jika memilih tempat latihan yang lokasinya dekat dengan kantor atau rumah.  Jadi dapat menghemat waktu, tenaga dan biaya bahan bakar kendaraan yang digunakan dalam perjalanan ke tempat latihan.


Dekat kantor


Beberapa tempat fitnes besar, memiliki jam operasional yang lebih panjang pada hari kerja (mulai pukul 06.00 hingga pukul 22.00 atau 24.00) dan lebih pendek pada hari libur (antara pukul 08.00 dan 20.00 atau 22.00) tergantung kebijakan masing-masing tempat.


Dengan begitu, para pekerja kantoran yang berada di sekitar lokasi beberapa tempat besar ini dapat melakukan latihan sebelum atau setelah bekerja.


Berbeda dengan beberapa tempat fitnes yang berlokasi dekat dengan perumahan warga, biasanya tempat-tempat latihan ini memiliki jam operasional yang lebih pendek pada hari kerja dan lebih panjang pada hari libur.


Jam operasional ini disesuaikan dengan kebutuhan warga perumahan sekitar lokasi tersebut yang biasanya hanya berlatih di sana pada hari-hari libur saja.


Pilih yang sesuai


Sebagian orang memiliki tubuh layaknya seorang atlet binaraga sehingga membutuhkan tempat latihan yang menyediakan peralatan angkat beban yang lengkap, sedangkan beberapa orang ingin melakukan latihan kardio saja dan tidak terlalu suka mengangkat beban.


Dalam hal ini, kebutuhan seseorang terhadap kelengkapan peralatan disesuaikan dengan sasaran yang ingin dicapainya dan program latihan yang dijalankannya.

Di sisi lain, biasanya semakin banyak dan berkualitas alat-alat yang disediakan, semakin mahal pula biaya keanggotaannya.


Perbanyak kelas agar tidak bosan


Bila kelas aerobik biasa sudah terasa membosankan atau tidak menantang lagi, Anda bisa mencoba kelas-kelas lainnya.


Selain Anda bisa lebih bersemangat untuk berolahraga karena latihan ini dilakukan secara berkelompok, beberapa tempat fitnes juga menawarkan kelas khusus, seperti yoga, untuk memenuhi kebutuhan para anggotanya. Percuma bila Anda sudah bayar namun tidak datang karena bosan.


Cari diskon


Perhitungkan pula manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dari biaya keanggotaan di gym tersebut. Beberapa gym besar memberikan potongan harga untuk pembelian suplemen yang dijual di sana bagi para anggotanya.


Biasanya, beberapa tempat fitnes yang berlokasi di sebuah kompleks perumahan, memberikan diskon biaya keanggotaan bagi para penghuninya.


Atau, cari tahu pula, siapa tahu Anda bisa menggunakan cara pembayaran kartu kredit yang sesuai untuk diskon besar.  (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya