Berencana Kredit Motor? Perhatikan Enam Hal Ini

Ilustrasi wanita mengendarai sepeda motor
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Tips Sukses Bisnis Pencucian Mobil dan Motor
- Pada zaman yang serba modern seperti saat ini, memiliki motor sudah menjadi kebutuhan, terutama bagi aktivitas yang memang mengharuskan kita mengejar waktu. Dengan menggunakan motor orang akan lebih cepat sampai tempat tujuan, baik itu sekolah, kantor, pasar dan tempat lainnya.

BI Tak Akan Perlonggar Uang Muka Kredit Motor
Selain itu, menggunakan motor juga bisa menekan biaya perjalanan menjadi lebih hemat ketimbang misalnya harus naik angkutan umum. Hal inilah yang menyebabkan jumlah penjualan sepeda motor selalu berada pada angka yang tinggi.  

Manfaat dan Risiko Investasi Obligasi
Sayangnya, tidak semua orang bisa membeli motor secara tunai, karena itu pembelian motor secara kredit menjadi solusi yang tepat. Melalui sistem ini, Anda dapat memiliki motor sesuai keinginan dengan proses pembayaran yang lebih ringan. 

Namun sistem ini bukan tanpa risiko. Ada risiko yang harus Anda tanggung jika tidak berhati-hati dalam mengajukan kredit motor. Berikut beberapa tips yang sebaiknya Anda pelajari sebelum mengajukan kredit motor :

Pilih perusahaan leasing yang memiliki reputasi baik

Ada banyak perusahaan leasing di Indonesia, berhati-hatilah dalam menentukan perusahaan leasing. Jangan asal percaya dengan perusahaan leasing yang ditawarkan oleh dealer, meskipun marketing dealer sudah merekomendasikan Anda pada sebuah perusahaan leasing tertentu yang sudah bekerjasama dengannya. 

Sebagai pembeli, Anda adalah raja dan berhak menolak perusahaan leasing yang diajukan tersebut. Jika Anda sudah terpikat dengan perusahaan leasing yang mempunyai reputasi lebih baik daripada perusahaan leasing yang ditawarkan dealer, maka tolaklah tawaran tersebut secara halus. 

Jadi dealer cukup memastikan saja barang yang Anda inginkan ready stock dan siap kirim ke rumah sesuai tanggal dan waktu yang Anda inginkan.

Dalam menentukan perusahaan leasing, cari dan pilihlah perusahaan leasing yang mempunyai reputasi baik dan sudah tersebar luas cabangnya. 

Sebab beberapa perusahaan leasing mungkin tidak cocok dengan kondisi keuangan Anda, serta mempunyai reputasi yang buruk. Reputasi yang baik sangat penting untuk mengetahui tingkat eksistensi dan keberlangsungan perusahaan leasing tersebut selama masa kredit Anda belum berakhir. 

Ini juga penting untuk menjaga keamanan BPKB Anda, demi menghindari pengambilan BPKB yang dipersulit oleh perusahaan leasing.


Pilih lokasi leasing yang terdekat 

Jarak rumah Anda dengan perusahaan leasing tersebut sangat memengaruhi kelancaran dalam menjalin komunikasi jika terjadi masalah dalam masa kredit Anda. Semakin dekat jarak rumah Anda dengan leasing semakin memperlancar eksistensi dan komunikasi dengan leasing jika terjadi masalah dalam masa kredit Anda. 

Apabila terjadi masalah dalam masa kredit, Anda tinggal datang dan bertanya langsung kepada customer service-nya agar segera ditemukan solusi yang terbaik. Pada saat masa kredit sudah selesai, Anda juga harus segera menuju ke kantor leasing tersebut untuk mengambil BPKB motor. 

Dengan semakin dekat jarak rumah anda dengan kantor leasing, berarti Anda akan semakin nyaman dan tenang.


Sesuaikan cicilan dengan kebutuhan dan kemampuan Anda

Saat ini banyak perusahaan leasing yang bersaing untuk mendapatkan konsumen dengan menawarkan Down Payment (DP) yang kecil dan angsuran yang ringan. Pada dasarnya apabila DP yang ditawarkan besar, angsurannya kecil. 
Begitu juga sebaliknya apabila DP nya kecil, maka angsurannya besar.

Masing masing sistem ini mempunyai kelebihan dan kekurangan, Anda harus cermat dalam menentukan pilihan. Jangan mudah terjebak dengan DP kecil atau angsuran ringan, yang justru akan merugikan dikemudian hari. 

Negosiasikan DP dan angsuran dengan marketing, jangan mudah terayu program program yang ditawarkan, Sebaiknya sebelum menentukan pilihan Anda, bandingkan jenis motor, biaya kredit, bunga dan jangka waktu yang harus Anda lunasi. 

Sesuaikan juga waktu pembayaran dengan kemampuan Anda membayar, misalnya waktu pembayaran angsuran setelah Anda gajian, supaya Anda tidak kesulitan membayar angsuran. Apabila Anda sudah mendapatkan semua kemudahan yang sesuai dengan keinginn Anda, maka kenyamanan dan kelancaran dalam menyelesaikan angsuran akan Anda dapatkan

Cara pembayaran 

Pihak dealer dan leasing biasanya menawarkan cara pembayaran yang fleksibel dan mudah. Carilah dealer dan leasing  yang memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam pembayaran, misalnya melalui ATM, Kantor Pos, ataupun bank lainnya.

Perhatikan juga denda yang akan dikenakan jika Anda menunggak angsuran, apabila  denda yang diberikan sangat besar akan sangat berisiko jika Anda sampai menunggak angsuran. Masing-masing perusahaan leasing mempunyai kisaran denda yang berbeda, lihatlah kisaran denda leasing sebagai bahan pertimbangan. 

Untuk mengantisipasi suatu saat nanti Anda menunggak angsuran karena sesuatu hal, maka sebaiknya pilihlah kredit yang memberikan angsuran kecil dan denda ringan.

Tanyakan asuransi apa saja yang bisa Anda dapatkan

Mendapatkan asuransi selama masa kredit sangat penting, karena Anda tidak akan pernah tahu kejadian apa yang akan terjadi. Anda harus mengetahui asuransi apa saja yang akan Anda dapatkan selama masa kredit, apabila terjadi musibah yang tidak diinginkan seperti pencurian dan perampokan. 

Apabila musibah itu terjadi, dimana Anda dapat mengajukan klaim, bagaimana prosedur pengajuan klaim dan berapa lama klaim dicairkan. Semua harus mendapat kepastian, jangan sampai saat terjadi musibah kesulitan mengajukan klaim, yang akhirnya malah merugikan.


Pentingnya memilih leasing terpercaya

Memiliki motor baru dengan kredit memang pilihan terbaik di tengah keterbatasan dana, namun memiliki kredit motor terbaik sangat tergantung dari perusahaan leasingnya. Perusahaan leasing adalah partner Anda dalam memiliki motor melalui kredit, pastikan Anda memilih partner yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Hal ini wajib Anda lakukan, agar tidak menyulitkan Anda selama masa kredit berlangsung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya