Jokowi Awali Pembangunan LRT di TMII

Sumber :
  • Wikipedia

VIVA.co.id - Proyek kereta api ringan, atau Light Rail Transit (LRT) akhirnya dibangun. Proses groundbreaking proyek transportasi itu dilakukan oleh Presiden Joko Widodo pada hari ini, Rabu 9 September 2015.

Jokowi akan melakukan peletakkan batu pertama proyek pembangunan LRT di rute Cibubur-Cawang. Peresmian proyek ini akan dilakukan pada pukul 09.00 WIB. Peresmian ini dilakukan di Jalan Taman Mini 1, Jakarta Timur yang berada di seberang Taman Anggrek, Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Sebelumnya, Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Hermanto Dwiatmoko, mengatakan Presiden telah menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) tentang LRT. Perpres itu sudah ditandatangani oleh Jokowi pada 2 September 2015, yang tertuang dalam Perpres Nomor 98 tahun 2015.

Melalui Perpres ini, Kemenhub diminta segera membentuk tim komite pengawas, dan PT Adhi Karya Tbk, resmi ditugaskan untuk membangun LRT terintegrasi di Wilayah Jabodetabek ini.

Presiden Jokowi Santai UU Amnesty Digugat

Setelah dikeluarkannya Perpres ini, pemerintah langsung akan melakukan peletakan batu pertama, atau groundbreaking pembangunan LRT di rute Cibubur-Cawang-Dukuh Atas.

Hermanto menjelaskan, groundbreaking dengan rute sepanjang 24,2 kilometer ini akan dibangun untuk tahap 1A, dan groundbreaking akan dilakukan di TMII, Jakarta Timur.

Sedangkan untuk pembangunan tahap ke dua atau IB, BUMN yang bergerak di sektor infrastruktur ini akan mengerjakan rute Bekasi Timur-Cawang-Dukuh Atas sepanjang 17,9 Km. "Pembangunan LRT ditargetkan akan tuntas sebelum ASEAN Game 2018," ujarnya, Selasa 8 September 2015. (asp)

Menteri Perhubungan Budi Karya meninjau pelayanan KRL Commuter Line

Sebagian Pelabuhan di Indonesia Akan Diswastanisasi

Kebijakan itu sedang digodok oleh Kementerian BUMN dan Perhubungan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016