Jangan Cicil Lima Hal Ini dengan Kartu Kredit

Kartu kredit.
Sumber :
  • Istimewa
VIVA.co.id
Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros
- Memiliki kartu kredit saat ini bukan hanya sekadar kemudahan atau keuntungan yang ditawarkan, tapi juga karena gaya hidup. Bahkan beberapa pemegang kartu kredit mengalami ketergantungan akut pada kartu pembayar ini. 

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik
Sebenarnya tidak masalah selama Anda bisa melunasi semua tagihan. Itu artinya, Anda memang cerdas dan bijak menggunakan kartu kredit. 

Cara Hemat Atur Keuangan untuk Anak Kos
Tapi sekadar informasi, tidak semua barang harus Anda bayar dengan kartu kredit. Apalagi kalau harganya mahal, tidak ada diskon atau promo. Anda harus pintar memilih sebelum menggunakan kartu tersebut. 

Berikut enam hal yang sebaiknya tidak dicicil dengan menggunakan kartu kredit. Penasaran? 

1. Cicilan KPR

Memiliki rumah merupakan impian semua orang. Jika tidak memiliki uang tunai untuk membeli rumah, cara yang bisa dilakukan Kredit Pemilikan Rumah atau KPR. 

Disarankan tidak mengunakan kartu kredit untuk membayar uang muka dan cicilan KPR. Kenapa? Karena bunga kartu kredit yang tinggi dan jangka waktu yang terlalu pendek, akan menyulitkan Anda melunasinya. 

2. Cicilan Kendaraan

Jika Anda bertipe suka jalan-jalan dan memiliki mobilitas tinggi, maka memiliki kendaraan menjadi sebuah kebutuhan.  Pastinya Anda akan mencicil mobil seandainya tidak punya uang tunai untuk membelinya. 

Seperti rumah atau properti, disarankan tidak membayar uang muka atau cicilan kendaraan bermotor, baik itu mobil atau sepeda motor dengan kartu kredit. Bunga kartu kredit yang tinggi dan tenor yang rendah akan membuat Anda kesulitan nantinya.


3. Cicilan Pendidikan

Jika Anda ingin melanjutkan pendidikan S1 atau S2 tapi tidak memiliki dana cukup, sebaiknya jangan menggunakan kartu kredit untuk membiayainya. 

Kartu kredit akan menyebabkan pembayaran lebih besar dan panjang. Jangan sampai hutang tersebut akan memengaruhi pendidikan Anda. Lebih baik mencari beasiswa dibanding berutang ke kartu kredit.

4. Biaya Pernikahan

Untuk membiayai pernikahan yang sakral, sebaiknya jangan memaksakan diri menggunakan kartu kredit, meski nanti akan mendapat banyak kado yang mungkin bisa membayar cicilan kartu kredit tersebut. 

Ingatlah soal bunga yang dibebankan dan jangka waktunya yang pendek untuk melunasi. Jangan sampai kebahagiaan pasca menikah jadi ternodai karena harus berjuang mati-matian demi melunasi hutang kartu kredit. 


5. Biaya Rumah Sakit

Ketika Anda atau keluargamu tiba-tiba menderita sakit atau kecelakaan, maka dalam kondisi seperti ini, mungkin Anda tidak bisa berpikir cerdas dan segera menggunakan kartu kredit untuk membayar tagihan rumah sakit. 

Daripada menggunakan kartu kredit, ada baiknya Anda membuat asuransi jiwa dan kecelakaan atau simpanlah uang di bank, yang sengaja diperuntukkan untuk biaya tak terduga. 

Gunakan kartu kredit secara bijak dan pastikan Anda membayarnya lunas setiap kali pemakaian. Jangan sampai terjebak dalam masalah akibat terlalu konsumtif atau mengambil jalan pintas.

Kalau Anda masih membutuhkan modal untuk usaha, manfaatkan fasilitas kredit tanpa agunan (KTA) dari berbagai bank penyedia, bandingkan beberapa produk KTA sekarang, klik di sini!

Suka artikel ini? Klik di sini untuk membaca ratusan artikel menarik lainnya!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya