Warga Kalimantan Timur Kini Bisa Nikmati Pertalite

Penjualan perdana Pertalite di Solo
Sumber :
  • Viva.co.id/Fajar Sodiq
VIVA.co.id
Konsumsi Pertalite di Jatim, Bali dan Nusa Tenggara Naik 55%
- Masyarakat kini semakin mudah mendapatkan Pertalite. Saat ini, bahan bakar tersebut telah tersedia di 874 SPBU di 125 kabupaten/kota. Warga Bontang dan Tenggarong, Kalimantan Timur, juga sudah bisa menikmati Pertalite.

Hari Ini, Harga Pertamax Hingga Pertalite Turun
Vice President Corporate Communication Pertamina, Wianda Pusponegoro, mengatakan, dalam jangka waktu dua bulan sejak dilakukan uji pasar, penambahan outlet Pertalite meningkat.

Pertamax dan Pertalite Turun Harga Mulai Selasa Esok
"Penambahan outlet ini merespons semakin banyaknya permintaan masyarakat agar bahan bakar RON 90 ini tersedia di wilayahnya," kata Wianda di Jakarta, dikutip dalam keterangannya, Selasa 15 September 2015.

Dia mengatakan, pada SPBU-SPBU yang telah dilakukan uji pasar, pangsa pasar Pertalite di pasar gasoline secara meyakinkan dan konsisten saat ini mencapai 13,5 persen. Di sisi lain, pangsa pasar premium turun menjadi sekitar 67,5 persen, dari semula sekitar 79 persen.

Hingga akhir tahun ini, ditargetkan pangsa pasar Pertalite mencapai 17 persen.

Terhitung sejak 14 September 2015, total sebanyak 874 SPBU telah melayani pembelian Pertalite, yaitu sebanyak 491 SPBU di wilayah Pertamina Marketing Operation Region III (Jawa bagian Barat), 92 SPBU di wilayah Pertamina Marketing Operation Region IV (Jawa bagian Tengah), 276 SPBU di Pertamina Marketing Operation Region V (Jawa bagian Timur, Bali, Nusa Tenggara), dan 14 SPBU serta 1 APMS di Pertamina Marketing Operation Region VI (Kalimantan). Rata-rata volume penjualan di setiap SPBU mencapai 2,5 kiloliter per hari.

Melihat persebaran titik SPBU, dari semula di 23 kota/kabupaten pada saat uji pasar perdana, kini meningkat pesat menjadi 125 kota/kabupaten. Kalimantan Timur adalah provinsi yang paling baru di mana Pertalite masuk ke Kota Balikpapan, Samarinda, Tenggarong, Bontang, dan Sangatta.

Dalam waktu dekat, Pertalite juga akan menyapa masyarakat Medan dengan tahap awal akan tersedia di 20 SPBU.

"Penambahan outlet ini merupakan respons terhadap pasar yang terbukti menyambut baik kehadiran Pertalite, terutama bagi masyarakat yang menginginkan bahan bakar kendaraan dengan RON di atas premium, namun dengan harga terjangkau," kata dia.

Wianda melanjutkan, BUMN energi ini menargetkan ada ribuan SPBU yang menjual BBM berkadar RON 90 itu. "Kami optimistis, hingga akhir tahun Pertalite dapat tersedia di 1.500 outlet," kata dia.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya