Lima Kebiasaan yang Buat Orang Kaya Semakin Kaya

ilustrasi orang kaya
Sumber :
VIVA.co.id
Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros
- Mengapa orang kaya semakin lama bisa terus bertambah kekayaannya. Itu bukan karena keberuntungan, atau karena mereka dilahirkan dalam keluarga kaya, apalagi karena mereka memenangkan lotre. 

10 Orang Terkaya di Indonesia Pada Tahun 2016
Dilansir dari Entrepreneur.com, Rabu 16 September 2015, kekayaan yang bertambah itu dihasilkan karena mereka, orang kaya, melakukan sesuatu, atau kebiasaan yang berbeda. 

Lima Hobi Ini Hanya Bisa Dilakukan oleh Orang Kaya
Seorang jutawan, perencana keuangan dan bloger di GoodFinancialCent.com, Jeff Rose mendedikasikan sebagian waktunya untuk membantu orang menjadi dan tetap kaya. Dia mengatakan, ada lima kebiasaan orang kaya yang berbeda dari masyarakat dengan status sosial lainnya. Apa saja? 

1. Orang kaya terus mengambil risiko 

Rose menjelaskan bahwa orang-orang terkaya bekerja dengan rutin "membuang spaghetti di dinding untuk melihat apa yang terjadi." Dengan kata lain, mereka mencoba banyak hal yang berbeda, meskipun mereka mengetahui bahwa banyak hal yang dilakukan itu akan gagal.

Mereka mengambil risiko, karena mereka tahu bahwa kegagalan hanyalah bagian dari proses dalam menemukan apa yang benar-benar berguna untuk membangun lebih banyak kekayaan. 

Kebijakan ini kontras dengan sebagian besar penduduk yang hanya terlihat pada kegagalan sebagai sebuah blok jalan yang menghalangi untuk mendapatkan kesuksesan.

2. Orang kaya berinvestasi dalam diri mereka sendiri

Menurut Rose, orang-orang kaya tidak melihat uang yang dihabiskan untuk pertumbuhan pribadi sebagai beban, tetapi investasi.

Sementara itu, banyak orang menghemat setiap sen yang sama, orang kaya memahami bahwa strategis investasi dalam diri mereka akan menghasilkan hasil jauh lebih besar daripada usaha saham, investasi real-estate, atau bisnis lainnya.

Entah itu membeli buku, menyewa pelatih, bergabung dengan kelompok mastermind, atau sumber lain yang dibayar untuk perbaikan diri, orang kaya melihat ini sebagai investasi. Bagaimana dengan kamu?



3. Mereka bergaul dengan orang-orang yang ingin ditiru

Ketika tubuh manusia terlalu panas, yang terjadi adalah keluar keringat dalam upaya untuk mendinginkan. Ketika itu menjadi terlalu dingin, menggigil akan menghasilkan panas. Dengan kata lain, tubuh manusia terus beradaptasi untuk menjaga suhu pada saat yang sama tempat yang nyaman. 

Sebagai orang kaya telah menemukan bahwa homeostasis dapat juga menjadi cara yang ampuh untuk membangun kekayaan.

"Jadi, jika Anda ingin menjadi kaya, menggantung orang di sekitar yang kaya." ujar dia.

Orang kaya beranggapan bahwa mereka dapat mengembangkan kekayaan mereka hanya dengan bergaul dengan orang-orang yang bahkan lebih kaya. Manusia mengambil kebiasaan dan strategi mereka di lingkungan sekitarnya mereka, dan orang kaya telah belajar untuk menggunakan homeostasis ini untuk keuntungan mereka.

4. Orang kaya punya ritual khusus di pagi hari

Sementara itu, sebagian besar orang dunia menekan tombol snooze 14 kali berturut-turut setiap pagi, di kala itu, orang kaya sudah mulai meningkatkan kekayaan bersih mereka.

"Sebagian besar multi-jutawan saya tahu memiliki rutinitas khusus, ritual, yang mereka lakukan setiap pagi," kata Rose.

Ritual pagi ini dapat mencakup latihan, afirmasi, ulasan tujuan, sarapan, atau apa pun membantu mereka memulai hari mereka dengan keras. Mereka menjadi lebih siap dan kuat menjalankan kegiatannya sebelum tengah hari, daripada kebanyakan orang capai dalam satu minggu.

5. Orang kaya meninjau tujuan mereka secara konsisten

Orang kaya terus-menerus meninjau tujuan mereka untuk melacak kemajuan, membuat perubahan dan mengembangkan strategi untuk memenuhi tujuan tersebut. Proses itu memungkinkan orang kaya untuk membuat perubahan cepat untuk rencana mereka, untuk menjaga kekayaannya dalam dunia yang cepat berubah.

Sementara itu, sebagian besar populasi manusia memberikan sedikit, atau tidak ada pemikiran di masa depan mereka, orang kaya diingatkan setiap hari akan tujuan mereka. Ibarat perjalanan lintas negara dengan menggunakan mobil, orang kaya memiliki peta jalan yang terpampang di dashboard mobil, sehingga mereka dapat menavigasi dengan cepat, rute termudah untuk sampai tujuan mereka. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya