Gaji Masih Selalu Habis Tiap Tengah Bulan? Ikuti Cara Ini

Mengelola gaji
Sumber :
  • Dokumentasi HaloMoney

VIVA.co.id - Ketika mendapatkan gaji di akhir atau awal bulan, apa yang pertama kali Anda lakukan?  Mungkin, masih banyak orang yang memiliki kekhawatiran akan penghasilan yang diterima.

Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros

Pertanyaan yang ada tiap bulan adalah, dengan berbagai kebutuhan yang ada, bagaimana caranya agar uang tidak habis semua? Minimal ada sedikit uang yang tersisa untuk ditabung.

Maka tidak adanya salahnya mengikuti cara-cara berikut ini:

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik

Stop belanja

Ketika penghasilan naik, kecenderungan membeli lebih banyak barang bakal bertambah. Seakan sudah jadi hukum alam, kebiasaan itu terus berulang dan dialami banyak orang.

Cara Hemat Atur Keuangan untuk Anak Kos

Padahal kepuasan membeli barang baru hanya akan bertahan sesaat. Dibanding membeli banyak barang, namun nyatanya tidak terpakai.

Sebaiknya Anda menyimpan uang demi tujuan pensiun dan meraih kemandirian finansial secepatnya.

Baca juga: Cara Mudah Bisa Beli Rumah di Usia 20-an

“Jual diri” untuk kenyamanan

Mungkin Anda memiliki sedikit waktu untuk melakukan beberapa kegiatan seperti membersihkan rumah, mencuci pakaian dan membersihkan pekarangan rumah.

Bayar diri Anda sendiri ketika melakukan beberapa hal tersebut. Misal, tentukan jumlah uang yang harus disimpan saat Anda melakukan hal-hal baik ini.

Baca juga: Strategi Berhemat yang Selalu Berhasil

Dengan "membeli" tenaga untuk mengerjakan kegiatan ini, Anda bisa memperoleh waktu lebih, yang dapat digunakan untuk beristirahat. Dengan demikian uang yang Anda hasilkan benar-benar dapat digunakan untuk kenyamanan Anda.

Mulai investasi walau pasif

Anda mungkin investor pemula dan tidak mau mengambil risiko saat berinvestasi. Bila demikian, sebaiknya coba berinvestasi pasif.

Dengan begitu Anda tidak perlu khawatir akan perputaran pasar dan bisa santai sementara menunggu hasil investasi terus bertumbuh. Contoh investasi pasif, membeli komoditi emas atau properti.

Baca juga: Agar Gaji Tidak Habis di Tengah Bulan

Ingat waktu

Pernahkah mengingat kembali masa ketika hanya menghasilkan uang 20 persen dari gaji sekarang? Bandingkan masa itu dengan kehidupan sekarang.

Apakah Anda merasa beruntung dengan semua yang bisa diperoleh dengan pendapatan ekstra tersebut?

Jika pengeluaran lebih yang dilakukan saat ini tidak membuat Anda bahagia, sebaiknya hentikan pengeluaran tersebut karena tidak menambah kualitas hidup Anda. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya