Implementasi Paket Ekonomi Jilid II Berlaku Minggu Depan

darmin nasution
Sumber :
  • REUTERS/Enny Nuraheni
VIVA.co.id
Produk UKM Pedesaan Masih Kesulitan Promosi
- Pemerintah telah mengumumkan paket kebijakan ekonomi jilid II guna menggenjot perekonomian dalam negeri yang tengah terpuruk. Mulai dari mempercepat proses investasi, hingga pemberian berbagai insentif perpajakan.

Ekonomi RI Diprediksi Tumbuh di Bawah Vietnam dan Filipina

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menuturkan, implementasi dari paket tersebut akan mulai berjalan pada pekan depan. Sebab, hingga saat ini sejumlah Kementerian maupun lembaga tengah menyelesaikan aturan-aturan itu.
Genjot Pertumbuhan, Ini Permintaan Kadin pada Pemerintah


"Tidak akan lama-lama. Ya tidak sampai seminggu. Lebih cepat," ujar Darmin saat ditemui di kantor Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Rabu 30 September 2015.


Darmin menjelaskan, untuk perizinan investasi yang hanya membutuhkan waktu selama tiga jam, pemerintah saat ini tengah menyelesaikan Peraturan Pemerintah (PP) mengenai aturan tersebut. Selain itu, untuk pajak deposito Devisa Hasil Ekspor (DHE), aturan ini telah diimplementasikan oleh Bank Indonesia pada hari ini.


"PP untuk investasi ini mungkin seminggu dari sekarang. Soal pajak deposito, BI kan sudah umumkan," kata dia.


Sekadar informasi, Bank Indonesia telah mengeluarkan kebijakan lanjutan paket ekonomi jilid II yang akan difokuskan pada tiga pilar. Diantaranya, menjaga stabilitas nilai tukar rupiah, memperkuat pengelolaan likuiditas rupiah, serta memperkuat pengelolaan penawaran dan permintaan valuta asing.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya