Mau Ajukan KTA, Ini Syarat yang Harus Dipenuhi

Ilustrasi meminjam dana
Sumber :
  • Dokumentasi HaloMoney
VIVA.co.id
Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros
- Anda membutuhkan dana? Tidak mungkin menunggu lebih lama lagi?
Enggak
Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik
punya jaminan untuk dijaminkan di bank?

Tips Sukses Bisnis Pencucian Mobil dan Motor
Dengan pertanyaan-pertanyaan di atas, bisa dipastikan Anda sedang dalam kondisi yang sangat butuh akan bantuan dana, entah itu untuk keperluan pendidikan, pengobatan, atau untuk keperluan pribadi lainnya yang sifatnya sangat mendesak. 

Apalagi, kalau Anda tidak punya sesuatu yang memenuhi syarat untuk dijaminkan, pasti kebutuhan akan kredit tanpa agunan (KTA) merupakan solusi yang sangat layak untuk dipertimbangkan.

Dewasa ini sangat banyak bank yang menawarkan KTA, dengan persyaratan yang cukup mudah dan dana yang dapat sesegera mungkin Anda dapatkan. 

Namun, kata mudah di sini bukan berarti memberikan pengertian bahwa pengajuan KTA itu ibarat membalikkan telapak tangan. 

Pasti ada yang namanya prosedur dan persyaratan yang harus dipenuhi.

Kami akan bahas sedikit demi sedikit mengenai beberapa persyaratan dan prosedur umum yang biasa diberlakukan oleh bank-bank yang ada di Indonesia. 

Berikut, adalah persyaratan-persyaratan yang diperlukan untuk mengajukan kredit tanpa jaminan:

1. Anda harus WNI

Asli warga negara Indonesia merupakan orang yang dapat mengajukan kredit tanpa agunan, atau pun kredit multiguna dengan jaminan. 

Selain itu, Anda juga harus tinggal di Indonesia. Meskipun diperuntukkan bagi WNI, bukan berarti WNA tidak bisa mendapatkannya. Namun, bedanya akan ada ketentuan dan persyaratan khusus lainnya yang berbeda dari yang biasa diberikan. Baca Juga: Kredit Macet: Pengertian Ilustrasi Dan Efek Negatifnya

2. Anda harus berusia minimal 21 tahun

Batas umur maksimal yang ditentukan untuk mengajukan kredit tanpa agunan adalah 55 tahun dan batas minimalnya adalah 21 tahun. Mengingat, kredit tanpa agunan ditargetkan sudah lunas pada batas umur 55 tahun dan tidak boleh melebihi batas umur tersebut. 

Jadi, jangan asal mengajukan kalau usia Anda belum sampai 21, atau sudah lebih dari 65 tahun.

3. Penghasilan Anda harus di atas Rp2 juta

Untuk bisa mengajukan kredit tanpa jaminan ini, setidaknya Anda harus mempunyai penghasilan rata-rata di atas Rp2,5 juta setiap bulan. 

Tetapi, ini hanya berlaku di wilayah-wilayah tertentu saja, seperti wilayah Bandung dan Jabodetabek. 

Untuk wilayah lain mungkin berbeda, dan ada juga layanan perbankan yang memberikan penetapan minimal gaji yang lebih ringan. 

Namun, untuk lebih mudahnya, dalam pengajuan KTA ini Anda harus memiliki penghasilan di atas Rp2,5 juta. Baca Juga: Layak Dipertimbangkan, 5 Fitur Khusus yang Ditawarkan KTA



4. Persyaratan lainnya (kelengkapan dokumen)

Kelengkapan yang diperlukan selain syarat-syarat di atas adalah persyaratan dokumen. Yang perlu Anda siapkan adalah KTP, slip gaji, dan fotokopi kartu kredit. 

Selain itu, bagi debitur di atas nilai Rp50 juta mungkin akan diberlakukan persyaratan tambahan berupa nomor pokok wajib pajak (NPWP) dan surat penghasilan tahunan (SPT).

5. Punya kartu kredit

Untuk mendapatkan KTA, rata-rata bank akan meminta syarat kepemilikan kartu kredit minimal satu tahun. 

Meskipun begitu, terkadang kartu kredit tidak dijadikan sebagai syarat utama, karena di beberapa lembaga keungan non-bank ada yang menawarkan pinjaman jangka pendek tanpa jaminan. 

Namun, pada lembaga seperti ini biasanya jumlah pinjaman yang ditawarkan tidak besar, hanya di kisaran Rp3-5 juta saja. 

Tetapi, apabila itu menjadi jalan terakhir bagi Anda, pinjaman yang seperti ini bisa di pertimbangkan. 

Syarat yang harus dipenuhi untuk pinjaman jangka pendek tanpa jaminan ini biasanya cukup menyertakan slip gaji dan KTP. Baca Juga: Pinjaman Tanpa Jaminan Terbaik. Ini Cara Memilihnya!

Pas dan tidak menyulitkan

Itulah lima poin utama yang harus dipenuhi terlebih dahulu sebelum mendapatkan KTA. 

Selain dari persyaratan pokok di atas, ada dua poin lagi yang harus diperhatikan, yaitu mengenai limit kredit dan siapa yang paling sesuai untuk mengajukan kredit ini. 

Pada kredit tanpa jaminan, yang sering ditemui adalah limit pengajuan kredit yang biasanya tidak lebih dari lima kali gaji setiap bulannya. 

Namun, dengan semakin banyaknya bank yang menawarkan fasilitas kredit jenis ini, setiap bank pasti mempunyai batas limitnya masing-masing. Kalau ditulis angka, jumlah limitnya bisa bervariasi mulai dari Rp5 juta dan bahkan bisa sampai Rp200 juta (tergantung bank masing-masing).

Sementara itu, bagi Anda yang mengandalkan penghasilan dari gaji setiap bulan, maka kredit sistem ini merupakan solusi yang pas buat anda. 

Pertama, dengan plafon yang ditetapkan hingga Rp200 juta, maka merupakan keuntungan tersendiri. 

Kedua, ada asuransi yang diberikan oleh bank, tentu ini merupakan nilai plus lainnya yang Anda bisa gunakan pada keadaan yang memaksa. Jadi, tertarik mengajukan KTA? Baca Juga: Prinsip 5C Bank dan Cara Kredit Anda Diterima

(asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya