Lima Cara Manjur Atasi Ribut dengan Pasangan karena Uang

Ilustrasi pertengkaran rumah tangga.
Sumber :
  • Halomoney.
VIVA.co.id
Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros
- Salah satu masalah yang sensitif dan sering jadi sumber pertengkaran dalam hubungan rumah tangga adalah uang. Uang memang kadang bisa mendamaikan tapi juga lebih sering menghancurkan suatu hubungan baik atau yang sudah lama dibina. 

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik
Karena itu, jika kamu sedang mengalami pertengkaran karena masalah uang dengan pasangan, seperti utang atau terlalu boros, sebaiknya segera diselesaikan dan jangan dibiarkan begitu saja. 

Cara Hemat Atur Keuangan untuk Anak Kos
Kalau masalah tersebut diabaikan dan tidak dicari solusinya, kemungkinan besar akan menjadi lebih buruk dan bisa mempengaruhi hubungan kamu dengan pasangan di kemudian hari.

Berikut ini ada lima cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi pertengkaran dengan pasangan kanya karena uang:

1. Samakan pandangan

Semua orang memiliki pandangan yang berbeda soal uang, termasuk kamu dengan pasangan atau dengan orang lain. Jika kamu tidak ingin pertengkaran soal uang menjadi berlarut-larut maka samakanlah pandangan diantara kalian secepatnya.

Bicarakan secara baik apa yang harus dilakukan untuk menyelesaikan pertengkaran tersebut. Tekan ego dan berusahalan untuk mencapai kesepakatan bersama.

Misalnya, jika kamu berpikir bahwa dengan menabung dan investasi dapat menciptakan rasa aman secara finansial, sementara pasangan berpikir membeli barang untuk persiapan di masa depan, maka cari jalan tengah untuk menyelesaikan pandangan tersebut. 

Begitu juga samakan padangan mengenai definisi mahal, murah dan hemat di antara kalian ya.

2. Ciptakan komunikasi yang baik

Cara mencapai kesepakatan yang utama adalah dengan komunikasi dan kompromi yang baik. Kalau kamu dan pasangan sudah malas melakukan komunikasi maka jangan berharap pertengkaran akan mencapai kedamaian. Jadi, mulailah ciptakan kamunikasi yang baik dengan pasangan untuk menyelesaikan pertengkaran karena uang. 

Bicarakan semuanya, jangan ada yang disimpan atau disembunyikan dari pasangan kamu. Saling terbuka dan jangan saling menyalahkan satu sama lain. Setelah itu, cobalah mencari jalan keluar untuk menyelesaikan pertengkaran karena uang.


3. Hormati pendapat

Pertengkaran kadang terjadi karena kamu dan pasangan tidak saling menghormati pendapat mengenai caranya mengelola keuangan. Jika itu yang terjadi, tetaplah hormati pendapatnya meski kamu tak setuju dengannya. 

Perbedaan pendapat ini bukan sesuatu yang harus dihindari. Tetapi berilah ruang bagi masing-masing pihak untuk menjadi diri sendiri, namun tidak merugikan dan menghormati lainnya.


4. Komitmen untuk prioritas kepentingan bersama

Komitmenlah menomorsatukan kepentingan bersama bukan kepentingan pribadi. Ingat kamu sudah berkeluarga! Karena itu, kamu jangan membeli barang-barang yang tidak perlu atau memboroskan uang pasangan atau uangmu demi memuaskan keinginanmu. 

Sebaiknya, bicarakan jika ingin membeli sesuatu dan ada baiknya uang dialokasikan untuk kepentingan yang lebih penting demi kebahagian bersama. 

Misalnya, uang kamu tabung atau investasikan untuk kemudian dibelikan rumah atau kendaraan, yang bisa kalian gunakan bersama. Justru hal itu akan bisa saling mendekatkan hubungan kalian. 


5. Perbaiki kesalahan

Cari sumber pertengkaran kamu karena uang, apakah karena kamu atau pasangan terlalu boros atau gemar berutang atau terlalu pelit maka perbaikilah segera mungkin. Jangan sampai sifat burukmu itu merusak hubungan baik atau pernikahan!

Kalau  kamu masih membutuhkan modal untuk usaha kamu, manfaatkan fasilitas KTA dari berbagai bank penyedia, bandingkan beberapa produk KTA sekarang, klik di sini! 

Suka artikel ini? Klik di sini untuk membaca ratusan artikel menarik lainnya!
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya