Trik Aman dan Hemat Belanja Online

Sumber :
  • idiva.com

VIVA.co.id - Karena menawarkan kemudahan dan pilihan produk yang beragam, kegiatan belanja online saat ini menjadi kegemaran setiap orang.

Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros

Akan tetapi, sudah bukan rahasia lagi jika tidak hati-hati, di balik belanja online ada risiko yang mengikutinya. Contohnya adalah penipuan dan lain sebagainya.

Apalagi, proses belanja online yang dilakukan menggunakan kartu kredit. Salah-salah, "tagihan gaib" pun datang, padahal Anda tidak pernah belanja sama sekali.

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik

Berikut adalah trik agar Anda tetap aman berbelanja online.

Lebih hati-hati produk yang dikonsumsi

Cara Hemat Atur Keuangan untuk Anak Kos

Apapun barang yang Anda beli, gunakan kekuatan mesin pencari di internet untuk mengecek dan membandingkan barang yang ditawarkan.

Apalagi, barang yang Anda beli adalah produk yang dikonsumsi. Bisa saja merek yang ditawarkan tidak terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) karena mengandung zat berbahaya. 

Baca juga: Trik Belanja Online di Beberapa E-commerce

Pilih-pilih penjual

Saat ini, ribuan penjual dengan berbagai barang yang dijualnya beredar di internet. Ketika Anda tahu produk yang dijual sudah jelas, maka saatnya mencari tahu kredibilitas penjualnya.

Hal ini bisa dilakukan dengan mencari tahu opini dari pembeli-pembelinya. Pembeli yang tidak puas, biasanya akan mengeluhkan pelayanan penjual.

Jika ada keluhan tentang si penjual, ada baiknya Anda beralih ke penjual lain.

Hati-hati barang palsu

Ini yang sering terjadi di dunia maya. Sebab, kita tidak bisa menyentuh barang yang dibeli dan mengeceknya secara langsung.

Dan, tidak sedikit orang yang terjebak untuk membayar mahal ketika belanja online, padahal barang yang dibeli adalah barang yang tidak asli.

Baca juga: Karena Salah "Klik" Beberapa Balita Ini Belanja Ribuan Dollar

Untuk menghindarinya, cari tahu informasi tentang pemalsuan barang yang ingin dibeli. Anda bisa mendapatkan berbagai artikel yang bisa membantu membedakan barang palsu dan asli. Atau, bertanyalah detail kepada penjual tentang kualitas barang yang ingin dibeli.

Pilih pembayaran aman

Banyak cara pembayaran yang bisa dilakukan saat melakukan belanja online. Dari pembayaran prabayar atau voucher, kartu kredit, atau kartu debit.

Baca juga: Jangan Gunakan Kartu Kredit untuk Belanja Barang-barang Ini

Ada juga cara pembayaran dengan pihak ketiga, misalnya PayPal, e-Gold, dan lainnya.

Semua transaksi memiliki risiko. Karena itu, yang terpenting di sini adalah bagaimana cara kita agar terhindar dari tindakan tak bertanggung jawab pihak lain.

Bila menggunakan kartu kredit, cobalah untuk hanya gunakan satu kartu untuk semua transaksi online.

Agar lebih hemat, Anda juga bisa menggunakan kartu kredit yang berikan banyak promo belanja.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya