Trik Atasi Utang Kartu Kredit

Kartu kredit.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id - Kartu kredit memang memberikan kemudahan dalam pembayaran. Sayangnya, karena kemudahan tersebut, tidak sedikit orang yang lupa diri saat memakainya.

Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros

Hingga, jeratan utang pun akhirnya tidak bisa terhindar. Masalah lebih rumit lagi bila beban utang kartu kredit yang dimiliki tidak hanya satu, namun lebih dari empat kartu.

Nah, apa yang harus Anda lakukan saat ada dalam keadaan demikian. Berikut, adalah beberapa strategi yang bisa dilakukan ketika terjerat utang kartu kredit.

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik

Jangan hanya didiamkan

Utang ya tetap utang, yaitu kewajiban yang harus Anda bayar. Apalagi, utang itu adalah utang kartu kredit, di mana setiap bulannya ada beban bunga yang harus dibayar.

Cara Hemat Atur Keuangan untuk Anak Kos

Jadi, utang kartu kredit pun tidak akan hilang bila hanya didiamkan. Bahkan, malah lebih bertambah karena ada beban bunga yang harus dibayar.

Baca juga: Enam Biaya Kartu Kredit yang Wajib Kamu Kenali

Hitung dan atur rencana

Penyebab terbesar seseorang memiliki utang kartu kredit adalah karena penggunaan yang berlebihan tanpa adanya perencanaan keuangan yang matang.

Alih-alih mendiamkan utang tersebut, sekarang cobalah hitung tagihan yang dimiliki. Kemudian, buatlah pemulihan perencanaan keuangan untuk mengatasi tagihan yang menumpuk.

Satu hal yang pasti, setop belanja tidak penting dengan kartu kredit! Sebab, di sini Anda sedang melakukan pengetatan alokasi pengeluaran dalam rencana yang dibuat.

Cicil

Sudah pasti Anda tidak bisa membayar semua beban tagihan kartu kredit sekaligus secara tunai.

Mungkin bisa, asalkan secara mendadak Anda memiliki uang tunai yang besar dari hadiah undian, atau mungkin menang lotre.

Baca: Beberapa Orang yang Bisa Kaya Melalui Kompetisi Games dan Menang Lotre

Intinya, di sini adalah komitmen untuk menyelesaikan tagihan. Bila tidak bisa tunai, maka cobalah untuk menyicilnya.

Setiap bank punya kok fasilitas cicilan untuk tagihan kartu kredit yang tertunggak. Bahkan, terkadang diiringi dengan fasilitas penghapusan bunga.

Negoisasi cicilan dan bunga

Anda tidak akan bisa mencicil tagihan kartu kredit yang tertunggak tanpa menghubungi bank penerbit kartu kredit dan melakukan penawaran cara tersebut.

Tanyakan kepada bank Anda tentang proses cicilan, jangka waktu yang bisa dipilih, sampai negoisasi penghapusan bunga.

Baca juga: Tips Maksimalkan Kartu Kredit Ketika Momen Great Sale

(asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya