Penerimaan Pajak Rendah, Menkeu: Administrasi Bermasalah

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

VIVA.co.id - Menteri Keuangan, Bambang Brodjonegoro, mengatakan bahwa pemerintah perlu berfokus kepada masalah administrasi dalam penanganan pajak.

Menurut Bambang, hingga saat ini masih banyak permasalahan yang terjadi dalam administrasi perpajakan, sehingga turut memengaruhi penerimaan pajak yang masih jauh di bawah target.

"Pasti ada problem besar di administrasi pajak, dari 280 juta penduduk, hanya 10 persen yang punya NPWP, yaitu 27 juta saja yang punya NPWP. Nah, dari 27 juta itu yang lapor SPT itu hanya 10 juta," ujar Bambang di Jakarta, Senin 5 Oktober 2015.

Dirjen Pajak: Saya Akan Perangi Teroris Pajak

Baca Juga:


Bambang juga menyebut jika di sektor Pajak Penghasilan (Pph) pribadi pun tak memuaskan. Dari target Rp900 triliun baru Rp5 triliun yang terealisasi. "Jadi masih sangat jauh," katanya.

Kemenkeu akan terus mengevaluasi demi meningkatkan target penerimaan pajak pada 2015 yang ditetapkan sebesar Rp1.295 triliun dalam APBNP 2015. Lemahnya administrasi perpajakan dinilainya merupakan penyebab utama lambatnya realisasi dari target penerimaan pajak.

"Jadi, nggak heran penerimaan pajak kita kecil, intinya kita tidak pernah menutup diri. Kita akan selalu terbuka dengan pihak mana pun, kita akan evaluasi dari administrasinya," katanya.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati disambut meriah para pegawainya

Menkeu Akan Ubah Postur Belanja APBN-P 2016

Penerimaan pajak tahun ini terancam shortfall Rp219 triliun.

img_title
VIVA.co.id
4 Agustus 2016