Lima Cara Hemat Ketika Ingin Kredit Rumah

Rumah menjadi tempat untuk berlindung
Sumber :
  • http://www.urumah.com
VIVA.co.id
Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros
- Punya rencana ingin membeli rumah di tahun ini? Banyak orang yang pastinya memiliki rencana tersebut. Apalagi, Anda yang telah menikah, atau memiliki keluarga. 

Pentingnya Investasi Properti Sejak Muda, Ini Alasannya
Bukan sekadar simbol kemapanan, membeli rumah saat ini menjadi target keuangan yang memerlukan perencanaan matang dan serius.
 
Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik
Sebab, harga rumah terus melambung tiap tahun. Agar, tidak bingung dan salah langkah mewujudkan keinganan tersebut, berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui. 

Cek harga

Taruhlah Anda sudah punya target lokasi. Sayangnya, uang tunai yang dimiliki tidak cukup untuk membeli rumah yang diidamkan. Itu tandanya Anda butuh kredit pemilikan rumah (KPR).
 
Namun, sekedar saran, sebelum mengajukan kredit, cobalah membuat tawaran serius pada sebuah rumah yang tepat dan ingin dibeli. 

Jadi, ketika mengajukan kredit, Anda akan tahu kisaran harga dan uang muka yang sesuai dengan yang Anda miliki saat ini. 

Bila diperlukan, cek pula tren harga rumah dalam beberapa bulan terakhir. Apalagi, rumah yang ingin dibeli adalah rumah seken. Ketika tahu harga pasaran, maka Anda bisa melakukan penawaran yang lebih murah.

Tanya ahlinya

Poin ini perlu dilakukan, ketika Anda membeli rumah seken, atau rumah bekas. Saat mengajukan kredit, bank, atau lembaga pemberi pinjaman nantinya akan melakukan penilaian terhadap rumah yang dibeli. 

Penilaian itu akan menentukan harga yang layak dan dapat disetujui pengajuan kreditnya. (Baca juga: )

Walau begitu, sebelumnya Anda bisa menyewa ahli, atau insinyur berpengalaman dalam menilai rumah tersebut. Jadi, Anda akan bisa diberikan rekomendasi dan menunjukkan potensi masalah pada rumah yang akan Anda beli. 

Yang lebih penting, Anda akan memiliki acuan harga dan kondisi rumah sebelum mengajukan kredit bank. 



Perlu kredit bersih

Poin ini diperlukan untuk Anda yang menggunakan KPR dalam proses pembeliannya. Dengan memiliki riwayat kredit yang bersih, peluang kredit Anda untuk disetujui akan semakin besar. 

Caranya, cek kembali kondisi finansial yang Anda miliki. Misalnya, arus kas tabungan, penggunaan kartu kredit, hingga cicilan lain yang Anda masih dimiliki saat ini. 

Hitung kembali rasio kredit yang Anda miliki, dan selesaikan utang dan tunggakan. 

Uang muka dan cicilan yang siap

Banyak orang yang memadamkan keinginan untuk membeli rumah, walaupun secara kredit, karena besarnya uang muka yang diperlukan. 

Sebab, peraturan yang ada pun menetapkan syarat pengajuan kredit bahwa Anda perlu menyetorkan 30 persen dari harga rumah sebagai uang muka. 

Selain uang muka, Anda juga perlu menghitung kemampuan cicilan yang bisa dilakukan nantinya. 

Idealnya, jumlah cicilan yang Anda sanggup adalah 30 persen dari pendapatan Anda per bulan. 

Jangan hanya satu bank

Saat mengajukan kredit, carilah banyak bank dan bandingkan kredit pemilikan rumah yang dimiliki bank tersebut. Jangan terpaku hanya satu bank. 

Biasanya, bank memberikan suku bunga tetap untuk satu hingga tiga tahun masa cicilan yang Anda ajukan, selanjutnya akan diberlakukan suku bunga floating. 

Bila Anda membandingkan lebih dari satu bank, Anda akan mengetahui bunga, plafon kredit yang bisa didapatkan, serta jumlah cicilan yang sesuai kemampuan. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya