Australia Senang Dengar RI Kembali Naikkan Kuota Impor Sapi

Ketersediaan sapi di Indonesia
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Saiful Bahri
VIVA.co.id
Australia Siapkan Program 5.000 Doktor untuk Indonesia
- Menteri Pertanian dan Sumber Daya Air Australia, Barnaby Joyce mengaku senang dengan rencana penambahan kuota impor sapi yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia. RI berencana untuk menambah kuota impor sapi hidup dari Australia pada kuartal empat ini, dari semula 50.000 menjadi 200.000 ekor.

Indonesia Ajarkan Australia Cara Tangani Terorisme
Hal itu diungkap Joyce ketika ditemui di kediaman dinas Duta Besar Australia untuk Indonesia, Paul Grigson di kawasan Menteng, Jakarta Pusat pada Selasa malam, 6 Oktober 2015. 

Indonesia dan Australia Intensif Bicarakan Terorisme
"Ini adalah hal yang sangat baik. Indonesia dan Australia adalah teman dan rekanan bisnis yang sangat hebat. Kami selalu mengembangkan sektor industri ini," ujar Joyce kepada VIVA.co.id.

Dia mengatakan, dapat memahami alasan Indonesia yang ingin menambah kuota impor sapi. Sebab, dia sudah melihat sendiri kebutuhan masyarakat Indonesia akan konsumsi protein mahal ini.

"Saya sempat mengunjungi pasar di Indonesia dan saya mengerti kebutuhan masyarakat disini. Masyarakat membutuhkan banyak pasokan daging sapi dengan harga terjangkau," kata Joyce.

Oleh karena itu, ujarnya, Australia mencoba dan berusaha untuk bisa memenuhi harapan Indonesia untuk menyediakan daging sapi dengan harga terjangkau. Australia, kata Joyce, ingin terus bekerjasama dengan pemerintah Indonesia untuk mewujudkan hal itu.

"Kami terus berusaha menyediakan pasokan ribuan ekor sapi hidup. Ini adalah tugas yang sangat berat, tetapi hal ini membuat hubungan perdangan Indonesia dan Australia semakin baik. Indonesia akan mendapatkan produk yang bagus dengan harga yang terjangkau," kata Joyce menjanjikan. 

Joyce tiba di Jakarta pada Rabu malam. Laman The Australian melansir pada hari ini, Joyce bertemu dengan Menteri Pertanian, Amran Sulaiman dan Menteri Perdagangan, Thomas Lembong. 

Kunjungan Joyce ke Jakarta dilakukan usai sebelumnya Menteri Perdagangan Australia, Andrew Robb menyambangi Indonesia selama satu hari. Kunjungan Robb membuahkan hasil, sebab Indonesia langsung menaikkan kuota impor sapi hidup ke Australia. 

Seorang pejabat berwenang di Kementerian Perdagangan mengatakan Indonesia tengah dalam proses peralihan kuota impor yang disampaikan tiga bulan sekali menjadi tahunan.

Joyce diketahui akan berada di Jakarta hingga hari Kamis mendatang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya