11 Negara Ini Memiliki Infrastruktur Terbaik di Dunia

Hong Kong.
Sumber :
  • Business Insider
VIVA.co.id
Komisi V Berkomitmen Percepat Infrastruktur Sintang, Kalbar
- Infrastruktur yang baik harus dimiliki, agar ekonomi bisa berfungsi dan berjalan kompetitif. Infrastruktur perlu dipertahankan dan bahkan diperbaharui, jika suatu negara ingin ekonominya berjalan lancar.

Badai Nida Hantam Hong Kong dengan Kecepatan 100 Km/Jam
Namun, selama beberapa tahun terakhir sejak krisis keuangan, kualitas infrastruktur memburuk di banyak negara maju, termasuk Amerika Serikat, Jerman, dan Prancis.

Data Panama Papers Bocor, Swiss Tingkatkan Keamanan Bank
Demikian, hal itu diungkapkan menurut laporan terbaru World Economic Forum (WEF) yang dikutip dari Business Insider, Kamis 8 Oktober 2015.

Berikut ini 11 negara dengan infrastruktur terbaik, menurut data dalam laporan WEF: 

1. Hong Kong

Hong Kong berada diperingkat satu sebagai kota yang diinginkan para pengguna telepon selular dan tempat dengan pasokan listrik yang berkualitas. 

Satu-satunya faktor di mana Hong Kong tidak berada di top-10 adalah kurangnya ketersediaan kursi di pesawat udara dan hanya menempati posisi ke-17. 

Hong Kong "terus memimpin di bidang infrastruktur, mendekati Singapura. Hal ini tercermin, dari fasilitas yang luar biasa dari semua moda transportasi yang ada di Hong Kong. 

2. Singapura

Negara tetangga Singapura meraih peringkat satu untuk infrastruktur trasportasi udara dan pelabuhan. Namun, layanan telepon selular berada di posisi 14.  

Ekonomi di Negara Singa ini mengandalkan infrastruktur top-notch, kerangka kelembagaan yang transparan dan efisien, dan lingkungan ekonomi makro yang stabil. 

3. Belanda

Belanda berada di posisi satu untuk kualitas infrastruktur pelabuhan, dan posisi dua untuk kualitas jalan. Namun, menempati posisi 23 untuk ketersediaan kursi di maskapai.

Ekonomi Belanda mengalami peningkatan yang kecil, tetapi menegaskan kinerja yang kuat di berbagai bidang seperti pendidikan, infrastruktur, dan lembaga selama setahun terakhir.

4. Uni Emirat Arab (UEA)

Salah satu bagian dari negara di Timur Tengah, Uni Emirat Arab berada di posisi satu untuk kualitas jalan, dan dua untuk kualitas infrastruktur transportasi udara. Namun, kualitas listrik berada diperingkat 10.

UEA berada di lingkungan ekonomi makro yang sangat baik, sangat berkembang infrastruktur, dan lembaga yang kuat memberikan dasar yang solid, dan ekonomi Emirat secara signifikan lebih beragam dari negara-negara GCC lainnya.

5. Jepang

Infrastruktur kereta api Jepang menempati peringkat satu secara keseluruhan, dan peringkat empat untuk ketersediaan kursi di maskapai.

Sedangkan infrastruktur pelabuhan berada di peringkat ke-22 dan kualitas infrastruktur transportasi udara pada peringkat ke-25.

"Infrastruktur di Jepang sangat baik dan salah satu dari angkatan kerja sehat di dunia, dengan harapan hidup lebih dari 80 tahun," menurut laporan tersebut.



6. Swiss

Kualitas pasokan listrik di Swiss menempati peringkat satu dan kedua adalah infrastruktur kereta api. Namun, kualitas infrastruktur pelabuhan berada di tempat ke-47, dan kualitas jalan peringkat sembilan.

Meskipun Swiss masih memiliki infrastruktur yang terhubung dengan seluruh dunia seperti Jerman, Prancis, dan Amerika Serikat, namun kualitas itu menurun sejak krisis keuangan global. 

7. Jerman

Jerman berada di peringkat keenam untuk ketersediaan kursi di maskapai, dan peringkat ke sembilan infrastruktur kereta api. 

Sedangkan kualitas infrastruktur pelabuhan berada di peringkat 14 dan kualitas pasokan listrik berada di peringkat 20.

Kualitas infrastruktur di Jerman, seperti di Amerika Serikat, memburuk sejak krisis keuangan, menurut laporan tersebut. Hal ini cukup terlihat, ketika membandingkan Jerman ke negara-negara Eropa Selatan seperti Italia, yang melihat perbaikan infrastruktur dalam periode waktu yang sama.

8. Prancis

Kualitas infrastruktur kereta api Prancis berada diperingkat enam dan kualitas jalan diperingkat tujuh. 

Untuk kualitas infrastruktur pelabuhan berada di peringkat ke-26, dan kualitas pasokan listrik peringkat 14.

Meskipun kualitas infrastruktur Prancis telah tergelincir selama beberapa tahun terakhir, tetapi ekonomi kompetitif negara tersebut masih membuat sebagian infrastruktur berkualitas tinggi.

9. Inggris

Inggris mendapat nilai tiga untuk ketersediaan kursi maskapai, dan nilai sembilan untuk kualitas pasokan listrik.

Sedangkan untuk infrastruktur mendapat nilai 29 untuk kualitas jalan, dan 19 untuk infrastruktur transportasi udara.

Infrastruktur di Inggris, merupakan salah satu yang paling maju di dunia. Bahkan, jika dibandingkan dengan negara maju lainnya. Namun, jaringan kereta api di Inggris yang paling mahal di Eropa.

10. Spanyol

Infrastruktur Spanyol terbaik keempat dan kesembilan secara keseluruhan untuk kursi ketersediaan maskapai.

Namun, infrastruktur pelabuhan dan kualitas infrastruktur transportasi udara menduduki peringkat ke-12, dan kualitas pasokan listrik yang masuk peringkat 24.

11. Amerika Serikat

Amerika Serikat secara keseluruhan menempati peringkat satu dalam hal ketersediaan kursi dan peringkat lima untuk kualitas udara di transportasi. 

Namun, AS berada di posisi ke-99 untuk langganan telepon seluler. Selain itu, hanya meraih peringkat ke 15 untuk infrastruktur kereta api dan peringkat 14 untuk kualitas jalan.

Kualitas Infrastruktur memburuk di Amerika Serikat dan negara maju lainnya selama dekade terakhir sejak krisis keuangan. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya