Kelola Blok Gas Masela dengan Benar, RI Bisa Kalahkan Qatar

Luhut Pandjaitan, Pramono Anung dan Rizal Ramli di Istana Negara
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf
VIVA.co.id
Dukung Rizal Ramli Maju Pilkada, Buruh Mulai Keliling Pabrik
- Menteri Koordinator bidang Kemaritiman, Rizal Ramli, yakin pemerintah bisa berbicara banyak di dunia internasional, asal mampu memaksimalkan kekayaan alam yang dimiliki RI. Indonesia diketahui memiliki kekayaan alam berlimpah seperti energi dan migas. 

Rizal Ramli tentang Ahok: Serahkan pada Tuhan Menghukumnya
Ketika menggelar pertemuan dengan para tokoh-tokoh Maluku di kantornya di Jakarta pada Rabu, 7 Oktober 2015, Rizal menyebut, jika kekayaan alam di Indonesia bagian timur dikelola dengan benar, maka bisa mengalahkan negara-negara penghasil minyak terbesar di dunia seperti Qatar. 

Rizal Ramli Tutup Mulut Ditanya Pilkada Jakarta
"Kekayaan alam, yang ada salah satunya di Masela (Maluku Tenggara) ini besar, bahkan bisa mengalahkan Qatar dalam bidang gas. Kan kita tahu, hidupnya Qatar itu banyak di sektor gas," ujar Rizal.

Menurut Rizal, di Masela, kekayaan gasnya bahkan bisa disebut sebagai ladang abadi. Ini disebabkan kandungan gas di wilayah Masela disebut-sebut tidak akan habis hingga puluhan tahun ke depan.

"Gas di sana kita tahu tidak akan abis sampai waktu 70 tahunan," katanya

Rizal melanjutkan, selain di Masela, kekayaan Indonesia di wilayah timur Indonesia lainnya terdapat di bawah perbatasan dengan Timor Leste

"Di bawah perbatasan itu, potensi geologis bakal ada ladang gas baru yang akan ditemukan lagi, itu potensinya besar kalau dikelola baik. Sehingga kekayaan alam ini bisa dapat lebih besar bahkan bisa mengalahkan Qatar," ujar dia.

Dalam pertemuannya dengan Rizal Ramli, para tokoh Maluku dari berbagai bidang ini telah membahas bagaimana kelanjutan Blok Masela untuk keberlangsungan kehidupan rakyat Maluku di masa yang akan datang. (ren)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya