Rupiah Menguat, Kurs Dolar Hari Ini Rp13.809

Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
VIVA.co.id
Rupiah Melemah, Tertekan Gejolak Ekonomi Global
- Mata uang rupiah masih menguat terhadap dolar Amerika Serikat (AS), diperdagangkan di bawah Rp14.000 pada hari ini, Kamis 8 Oktober 2015. 

Sikap Pasar Modal dan Rupiah Soal Aksi Damai 4 November
Berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia, dolar AS turun Rp256 dari kurs kemarin Rp14.065 menjadi Rp13.809 pada hari ini. Mata uang rupiah masih terus menguat terhadap mata uang dolar AS didorong oleh Paket Kebijakan Ekonomi Jilid III yang diumumkan pemerintah, kemarin. 

Dolar Masih Lemah, Rupiah Melaju di Jalur Hijau
Sementara berdasarkan situs PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI), kurs dolar AS dijual Rp13.985, dan kurs beli ditetapkan Rp13.765. 

Sedangkan di Bank Central Asia (BCA) kurs jual dolar ditetapkan Rp13.805 dan kurs beli Rp13.775. Sementara kurs dolar AS di Bank Mandiri dijual di Rp13.900 dan kurs beli di Rp13.800.    

Meski kurs rupiah menguat terhadap dolar, namun mata uang rupiah masih murah dan berada di bawah nilai kewajarannya (undervalue). 

Sebelumnya, Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI), Mirza Adityaswara, mengharapkan pertumbuhan ekonomi di kuartal III mulai membaik. Selain karena belanja pemerintah mulai berjalan efektif, hal ini diharapkan turut membantu pemulihan kondisi nilai tukar rupiah.

Sementara itu, dilansir reuters, mata uang dolar AS masih melemah terhadap mata uang dunia lainnya setelah analis memastikan Bank Sentral AS tidak akan menaikkan suku bunga pada tahun ini. 

Dolar turun 0,1 persen terhadap mata uang Jepang di 119,91 yen. Mata uang euro naik 0,2 persen terhadap dolar menjadi US$1,12. (one)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya