Lima Alasan Tak Perlu Beli Motor di Dealer Dekat Rumah

Motor bengis ducati
Sumber :
  • motorcycle
VIVA.co.id
Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros
- Semakin meningkatnya kebutuhan akan kepemilikan kendaraan bermotor, sekarang sudah banyak sekali pihak yang menawarkan jasa untuk membantu Anda mendapatkan kendaraan bermotor. Letak dealernya pun kini semakin banyak diberbagai tempat. 

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik
Bahkan, cenderung menjamur karena prospek bisnis kendaraan bermotor kini menjadi bisnis yang cukup menggiurkan, mengingat kendaraan bermotor sekarang menjadi salah satu kebutuhan primer masyarakat.

Tips Sukses Bisnis Pencucian Mobil dan Motor
Bagi Anda yang tinggal di daerah dan ingin membeli kendaraan bermotor, mungkin akan berpikir untuk membeli motor dari dealer yang paling dekat dengan wilayah tempat tinggal Anda. Ini, dengan maksud segala pengurusan pembelian akan lebih cepat dan barang pun cepat datang.

Namun, pada kenyataannya, terdapat beberapa hal yang perlu Anda ketahui. Pembelian kendaraan bermotor di dealer, yang paling dekat sekali pun dengan tempat tinggal Anda, tidak memiliki efek yang lebih baik dibandingkan dengan membeli kendaraan bermotor di dealer yang lebih jauh.

Mengapa demikian?

1. Tidak menjamin proses kredit berjalan cepat

Proses pembelian kendaraan bermotor di dealer terdekat dengan rumah tidak menjamin bahwa proses itu akan berlangsung lebih cepat.

Bukan perkara pengirimannya saja, untuk mendapatkan proses pembelian yang cepat, pihak dealer perlu mengadakan kerja sama yang baik dengan pihak pembiayaan dan memiliki sumber daya manusia serta armada yang cukup dan memadai untuk melakukan pengiriman.

2. Pengawasan keamanan pembelian belum tentu terjamin

Merasa letak dealer tidak jauh dari tempat tinggal, sehingga bisa ikut "mengawasi" keamanan pembelian? Pemahaman Anda keliru.

Keamanan transaksi ini bisa Anda dapatkan melalui proses ketat dengan sumber daya manusia yang baik. 

Anda perlu mengetahui hal ini untuk menghindari pemberian uang muka, atau uang tunai kepada penjual tanpa mendapatkan kuitansi resmi dari dealer.

Untuk menunjang keamanan ini bisa melakukan pembayaran melalui transfer ke rekening perusahaan dan usahakan tidak menggunakan rekening pribadi untuk menghindari kasus penipuan.

Alternatif lainnya adalah dengan melakukan bayar di tempat, atau Cash on Delivery (COD).




3. Pengurusan STNK tidak lebih cepat dari yang lain

Pengurusan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), nomor pelat, dan Buku Pemilikan Kendaraan Bermotor (BKPB) tidak dijamin kemudahannya hanya karena letak dealer lima langkah dari rumah.

Fasilitas pengiriman STNK, nomor pelat, dan BKPB menjadi fasilitas umum yang diberikan pihak dealer dan ini berarti jarak bukanlah sebuah masalah. Sehingga, membeli kendaraan di dealer terdekat rumah, tidak bisa menjamin bahwa proses pengurusan dan pengiriman berbagai surat berharga ini akan menjadi lebih mudah.

Untuk pembelian kredit BKPB, Anda perlu mengambil di cabang perusahaan lembaga pembiayaan. Pastikan bahwa dealer telah melakukan kerja sama dengan pihak leasing (bila Anda melakukan transaksi dengan cara kredit).

Inilah yang akan mempermudah Anda mengambil BKPB, setelah angsuran kredit selesai. Jadi, yang terpenting justru letak lembaga pembiayaan inilah yang dekat dengan rumah Anda, bukan dealernya.


4. Bonus servis gratis bisa dipakai di mana saja

Biasanya ketika Anda membeli motor baru, Anda akan mendapatkan kesempatan servis gratis beberapa kali di awal untuk mengecek mesin kendaraan yang dibeli.

Servis gratis ini bisa Anda dapatkan di bengkel resmi dari perusahaan motor yang Anda beli. Sehingga, baik Anda membeli di dealer dekat maupun jauh akan sama saja perlakuannya.

5. Proses pembayaran cicilan bisa di mana saja

Yang terakhir dan terpenting adalah pembelian secara kredit di dealer yang terdekat dengan rumah Anda tidak menjamin bahwa proses pembayaran cicilan ini akan lebih mudah.

Pembayaran ini biasanya tidak dilakukan kepada pegawai di dealer, namun melalui beberapa perantara lain atau lembaga pembiayaan yang sudah Anda gunakan dari awal.


Yang terpenting bukan tempat, tetapi keamanan Anda

Salah besar jika menganggap dengan membeli motor secara kredit di dekat rumah, bisa lebih aman dibanding di tempat yang lebih jauh. Karena ada hal yang lebih penting, yaitu keamanan Anda sebagai konsumen.

Pemilihan dealer juga akan memengaruhi proses pembelian motor. Sekarang giliran Anda untuk berpartisipasi aktif dalam pemilihan kendaraan dan melakukan transaksi. Selamat mencoba!


(asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya