Bangun Rumah Susun Terbesar, Perumnas Gandeng Jakpro

Suasana di Rusun Jatinegara Barat, Jakarta Timur.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi
VIVA.co.id
Rusun Cup, Cara DKI Memanusiakan Mantan Pemukim Ilegal
- Perum Perumnas menggandeng PT Jakarta Propertindo (Jakpro) untuk mengembangkan kawasan terpadu rumah susun. Pengembangan kawasan itu makan dana triliunan rupiah.

Wali Kota Semarang Berang Fasilitas Rusunawa Buruk
"Anggaran proyek di luar lahan sebesar Rp4,3 miliar," kata Direktur Utama Perumnas, Himawan Arief di Kementerian Badan Usaha Milik Negara, Jakarta, Kamis 8 Oktober 2015.

Pemerintah Fokus Bangun Rumah Khusus di Papua
Himawan mengatakan, sumber pendanaan pembangunan rumah dari penyertaan modal negara (PMN) tahun 2015 yang sebesar Rp1 triliun. Dua perusahaan ini akan mencari dana tambahan dari pinjaman bank. "Ada pihak BTN (Bank Tabungan Negara) yang siap mendanai," kata dia.

Sekadar informasi, proyek tersebut diprediksi akan dimulai pada 2016. Rencananya, kawasan terpadu rumah susun itu akan dibangun di lahan seluas 22,4 hektare di Kemayoran, Jakarta, dan di lahan itu akan berdiri lebih dari 40 menara rumah susun.

Diperkirakan, kawasan itu bisa menampung lebih dari 72 ribu jiwa. Kawasan tersebut, nantinya disebut-sebut sebagai kawasan terpadu rumah susun terbesar di Indonesia.

Himawan melanjutkan, kedua perusahaan itu tengah fokus dalam perencanaan dan perencanaan itu akan rampung dalam dua bulan ke depan.

"Kami akan konsolidasikan masalah pertanahan. Ada 14 hektare belum free dan clear," kata dia. Lalu, delapan hektare lahan lainnya berdiri rumah susun yang sudah tua.

Anggaran Rp4,3 triliun itu, termasuk anggaran untuk peremajaan rumah susun. "Kami berharap pada tahap awal, dalam dua tahun, ini mungkin 4-5 tower (menara)," kata dia. 

Sementara itu, Direktur Utama Jakpro, Abdul Hadi, mengatakan pihaknya optimistis proses perizinan tata ruang bisa didapat dalam waktu dekat. "Pembangunan kawasan ini diprioritaskan bagi warga yang berada di Kemayoran, Jakarta," kata Hadi. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya