Ini Penyebab Investor Mulai Percaya Indonesia

Buku Pak Goen
Sumber :
  • Ir. Goenardjoadi Goenawan MM.

VIVA.co.id - Selama 10 bulan pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) stabilitas politik belum terbentuk. Sehingga situasi politik tersendat dalam mengambil keputusan.

Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros

Misalnya penentuan Kapolri sempat diulang karena Presiden harus konsultasi dengan koalisi parlemen yang dikuasai KMP. Juga tersendatnya revisi Perpu pilkada masalah calon tunggal yang belum bisa disetujui koalisi parlemen.

Sejak tanggal 5 September ada dua peristiwa penting yaitu terbentuknya secretariat gabungan partai pemerintah dengan masuknya PAN maka koalisi pemerintah mencapai kuorum.
Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik

Inilah kehebatan Jokowi yang bisa mencapai persatuan koalisi pemerintah, the ruling party. Sehingga keputusan jauh lebih cepat oleh rapat gabungan partai pemerintah.
Tips Sukses Bisnis Pencucian Mobil dan Motor

Buktinya penggantian Kabareskrim berjalan langsung. Penyelesaian penculikan WNI ke Papua Nugini dapat diselesaikan cepat. Termasuk sekarang keputusan bantuan negara luar mengatasi bencana asap di Sumatra, semuanya diputuskan cepat termasuk keputusan paket kebijakan pendukung ekonomi Indonesia yang berjalan hitungan hari.

Juga keputusan masuknya bantuan pinjaman China untuk proyek Kereta api cepat Jakarta-Bandung senilai US$4 miliar.  Mengapa ini penting? Pasar menunggu selama 10 bulan

Siapa yang berani mulai masuk ke pasar Indonesia? Misalnya ada investor mau memulai proyek properti, tentunya dari dana luar negeri dalam bentuk pinjaman dolar AS.  Kalau dia masuk duluan ternyata pemerintahan tidak decisive (tidak cepat mengambil keputusan) maka tidak cukup dasar stabilitas politik mengakibatkan stagnasi ekonomi Indonesia.

Maka semuanya menunggu pasar. Sampai masuknya pinjaman China US$4 miliar tadi maka semuanya berbondong-bondong adu cepat.

Logika investor adalah:

1. Tidak mungkin China berani memberikan pinjaman ke pasar Indonesia kalau berisiko default.  Keberanian China dianggap sinyal stabilitas politik dan ekonomi Indonesia positif.

2. Ketika China sudah masuk, ini dianggap "test the water, it's safe" maka masuknya investasi luar negeri (dalam USD) harus secepatnya masuk mumpung nilainya tinggi Rp14 ribu karena semakin lama segera nilainya akan menurun menjadi Rp13 ribu dan cenderung turun. Karena supply investasi dolar banjir.

3. Dengan masuk bersama-sama maka timbul optimistis pasar Indonesia. Yang mau membuat apartmen, hotel, real estate, yang mau membangun pabrik, semuanya meraup capital gain dari murahnya harga pasar Indonesia.

Contohnya dulu Lottemart membeli Makro dengan harga tanah murah sekarang nilai capital gain dari kenaikan harga tanahnya melebihi profit atau loss penjualan omzet Lottemart. Inilah yang dikejar Aeon dengan dibukanya Mall terbesar di Serpong dan Bekasi.

Harga tanah Indonesia nilainya seper-enam dibanding Singapur dan seper-empat dibanding Kuala Lumpur.  Maka segera investment properti masuk Indonesia. 

Inilah alasan mengapa pertumbuhan ekonomi Indonesia meroket di bulan Oktober.

Ir. Goenardjoadi Goenawan MM

Konsultan dan motivator tentang paradigma baru tentang uang. Penulis 10 buku manajemen. Buku terbaru Money Intelligent: Rahasia Kaya, Jangan Cintai Uang (Ir. Goenardjoadi 

Goenawan, MM) , Kategori : Manajemen, Harga:  43.800   
Money Intelligent: Rahasia Kaya, Mulai Berbisnis (Ir. Goenardjoadi Goenawan, MM.) , Kategori : Manajemen, Harga:  47.800  Mulai tersedia di toko-toko buku terdekat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya