Mendag Ingin RI Buka Perdagangan Bebas ke Eropa dan Amerika

Kepala BKPM, Thomas T. Lembong.
Sumber :
VIVA.co.id
RI Tolak Kebijakan Kemasan Rokok Tanpa Merek di Australia
- Pemerintah ingin segera membuka arus perdagangan bebas dengan Uni Eropa dan Amerika. Hal ini dilakukan agar dapat mendorong arus ekspor dan impor Indonesia kepada dua kawasan tersebut.

Bahas Produksi Lada, Enam Negara Duduk Bareng
Menteri Perdagangan (mendag), Thomas Trikasih Lembong, mengatakan, Indonesia perlu mencontoh Vietnam yang dinilainya telah berhasil meningkatkan arus perdagangan luar negeri lebih baik. 

Strategi Mendag Atasi Calo Daging Sapi
"Vietnam sudah rampung negosiasi dengan Uni Eropa. Vietnam telah bisa masuk ke pasar Uni Eropa dan  Amerika Serikat. Omsetnya bisa sampai US$20 triliun per tahun. Kita ketinggalan sekali, Vietnam bisa akses ke Eropa dan ke Amerika dengan tarif nol atau tanpa hambatan," ujar Thomas di Kantor Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Jumat 9 Oktober 2015.

Menurutnya, dengan mencontoh hal tersebut, pemerintah harus mulai berfokus kepada meningkatkan dan segera membuka arus perdagangan bebas (free trade agreement) dengan Eropa dan Amerika. 

"Bapak presiden sangat menyadari dan sangat prihatin. Di sidang kabinet, beliau datangi saya kapan kita free trade agreement dengan Eropa dan Amerika ini dilakukan. Kita hadapi ini dengan sangat-sangat serius, kita siap bertempur," tambah dia.

Lebih lanjut, Thomas mengatakan Indonesia perlu melakukan revolusi ekonomi untuk meningkatkan perekonomian. Karena revolusi ekonomi melalui perdagangan bebas ini dinilainya akan menumbuhkan kembali perekonomian Indonesia ke arah yang lebih baik.

"Revolusi ekonomi ini juga bermanfaat kepada pelaku usaha, bagaimana agar kita bisa untuk melakukan agreement secepatnya dengan Eropa dan Amerika," kata dia.

Dia mengatakan, Vietnam merupakan pesaing langsung Indonesia dalam perdagangan luar negeri. Indonesia, ditegaskannya, telah kalah jauh.

"Vietnam itu pesaing langsung kita. Ini ancaman besar dan nyata," tuturnya. (one)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya