Kebijakan Biodiesel Bisa Hemat Devisa Ratusan Juta Dolar

Biodiesel
Sumber :
  • citizenact.com
VIVA.co.id
PMA Tak Merata Akibat Kurang Listrik
- Pemerintah menerapkan kebijakan mandatori biodiesel tahun ini. Kebijakan ini diklaim bisa menghemat devisa hingga ratusan juta dolar Amerika Serikat hingga akhir tahun.

Strategi Menteri Arcandra Targetkan PLTP 7.000 MW
"Kami bisa menghemat devisa untuk tidak mengimpor solar, paling tidak sampai akhir tahun ini mencapai US$360 juta," kata Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Terbarukan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Rida Mulyana di Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat 9 Oktober 2015.

Produksi Gas PHE Lampaui Target 2016, Ini Pendorongnya
Rida memprediksi, penghematan devisa dengan adanya kebijakan ini, bisa meningkat pada tahun depan. Jumlahnya bisa mencapai US$1,9 miliar. Tak hanya devisa yang dihemat, dia pun menyebut kebijakan ini bisa menaikkan harga minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO).

"CPO harganya naik. Sudah naik sekarang. Tanpa terasa kebijakan mandatori biodiesel mampu mendongkrak harganya sampai US$600 per MT (metrik ton). Itu belum sebulan," kata dia.

Selain itu, Rida mengklaim, kebijakan mandatori itu juga bisa memperkuat rupiah. Di satu sisi, kebijakan ini mengurangi impor solar ke dalam negeri. Di sisi lain, kebijakan ini bisa mengerek harga CPO, karena produk CPO akan terserap untuk kebutuhan dalam negeri. 

Dengan begitu, harga CPO akan terkerek dan otomatis ekspor CPO juga akan meningkat. "Jadi, ada double impact bagi mandatori biodiesel," kata dia. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya