Jelang Libur, Rupiah dan IHSG Melemah

Sumber :
  • VIVA.co.id/Ahmad Rizaluddin

VIVA.co.id - Indeks harga saham gabungan (IHSG) kembali anjlok ke zona merah jelang liburan Tahun Baru Islam, setelah mengalami kinerja positif beberapa hari terakhir ini.

Rupiah Melemah, Tertekan Gejolak Ekonomi Global

IHSG anjlok 3,18 persen di posisi 4.483,07, atau turun 147,6 poin dibanding penutupan perdagangan kemarin. 

Analis dari Investa Saran Mandiri Kiswoyo, Adi Joe, Selasa 13 Oktober 2015, mengatakan anjloknya bursa Indonesia hari ini dibayangi oleh nilai tukar rupiah yang kembali melemah terhadap dolar Amerika Serikat.
Sikap Pasar Modal dan Rupiah Soal Aksi Damai 4 November

"Karena rupiah melemah sampai 200 rupiah," ujarnya, saat dihubungi VIVA.co.id.
Wall Street Catat Rekor Anjlok Terlama Sejak Krisis 2008

Berdasarkan data perdangangan Reuters, dolar AS pada perdagangan hari ini ditutup pada level Rp13.613, terus mengalami pelemahan dari pembukaan pasar pagi tadi di level Rp13.411. Dolar AS sempat sentuh level tertinggi di level Rp13.672 dan diperdagangkan terendah pada level Rp13.459. 

Selain karena pelemahan rupiah, anjloknya IHSG juga disebabkan oleh aksi ambil untung investor, atau profit taking, lantaran kinerja bursa yang sudah berhari-hari mengudara cukup tinggi.

Di samping itu, Kiswoyo juga mengatakan, sentimen The Fed akan mengadakan Federal Open Market Comitee (FOMC) pada dua minggu mendatang juga berkontribusi. 

"Dalam akhir bulan, ada FOMC, biasanya memang selalu gitu, dua minggu sebelumnya selalu bergejolak," tambahnya. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya