Akan Ada Perhitungan Upah di Paket Ekonomi Jilid I

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN), atau Kepala Bappenas, Sofyan Djalil
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Ismar Patrizki
VIVA.co.id
Sofjan Wanandi: Demo Tak Pengaruh Iklim Investasi
-  Pemerintah akan memberikan kepastian pengupahan dalam paket kebijakan IV. Nantinya akan ada formula dalam penghitungan upah.
Dengan adanya kepastian pengupahan, pemerintah optimistis dunia usaha dan investasi bisa lebih berkembang.
Aprindo: Pusat Belanja dan Mal Buka Seperti Biasa

"Ya (masukan dari kami), kami ingin memberikan kepastian, baik kepada pelaku usaha maupun pengusaha," kata Menteri Perindustrian, Saleh Husin, usai menghadiri rapat koordinasi di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, di Jakarta, Selasa, 13 Oktober 2015.
Minat Investasi Tak Terpengaruh Aksi Demo 4 November

Sementara itu, Menteri Tenaga Kerja, Hanif Dhakiri, mengatakan pada prinsipnya perhitungan upah buruh berdasarkan kenaikan upah tahunan dan kepastian dunia usaha yang menyangkut besarnya kenaikan upah tiap tahun.

"Yang paling kunci itu upah pekerja akan naik setiap tahun, tapi dengan formula," kata dia.

Hanif mengatakan formula pengupahan tersebut akan membuat kenaikan upah menjadi terukur dan bisa diprediksi. "Jadi, tidak spekulasi di lapangan," kata dia.

Hanif pun mengklaim, dengan begitu, kepastian pengupahan bisa membuat dunia usaha dan investasi menjadi lebih berkembang dan bergerak.

Menggeliatnya dunia usaha dan investasi bisa berdampak positif terhadap lapangan pekerjaan.

"At the end, lapangan pekerjaan semakin luas dan semakin banyak. Kalau lapangan pekerjaan semakin luas dan banyak, pilihan dari pekerja dan calon pekerja menjadi lebih banyak. Otomatis, bargaining position mereka menjadi lebih tinggi, sehingga diharapkan kesejahteraan para pekerja lebih baik," kata Hanif.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, mengatakan formula pengupahan juga melihat faktor pertumbuhan ekonomi dan inflasi. "Ya (melihat) inflasi dan pertumbuhan ekonomi tiap tahun," kata Darmin. (ase)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya