Lima Tips Hemat Keluarga Berpendapatan Minim

Ilustrasi laporan keuangan
Sumber :
  • HaloMoney
VIVA.co.id
Tips Sukses Bisnis Pencucian Mobil dan Motor
- Dalam sebuah kehidupan, memang tak ada yang sama dan serupa. Termasuk dalam kehidupan kelurga yang satu dengan lainnya. Faktor pekerjaan dan penghasilan bisa jadi menjadi pembeda antara satu keluarga dengan keluarga yang lain. 

Manfaat dan Risiko Investasi Obligasi
Meskipun akan ada pembeda dalam hal kebutuhan yang dipenuhi, setiap keluarga pastinya akan selalu berusaha untuk bisa meningkatkan penghasilannya untuk bisa memenuhi kebutuhan hidup yang selalu meningkat setiap tahunnya. 

Bangun 'Mindset' Bisnis UKM Sukses Ala Steve Jobs
Untuk keluarga yang sudah memiliki penghasilan yang tinggi mungkin saja mereka akan leluasa untuk melakukan apapun yang diinginkannya. Namun bagaimana dengan mereka keluarga yang memiliki pendapatan yang minim atau kurang? Tentu saja mereka akan memiliki keterbatasan untuk melakukan hal-hal yang diinginkannya.

Untuk itulah sebanyak apapun penghasilan yang Anda peroleh tanpa adanya
sebuah manajemen yang baik tentu mereka akan terus merasa kekurangan. Lalu bagaimana caranya agar sebuah keluarga yang memiliki penghasilan minim ini bisa melakukan penghematan yang efektif ini? Berikut ulasannya. 

1. Hindari utang

Cara atau teknik pertama bagi keluarga yang berpennghasilan minim untuk bisa berhemat secara efektif adalah dengan menghindari berutang. Karena utang atau piutang memang merupakan sesuatu yang bisa membuat seseorang terlena dan terjerembab serta terpuruk. 

Meminjam uang memang sangat mudah dan menyenangkan, tapi mengembalikan uang atau utang adalah sesuatu yang umumnya sangat sulit dan berat. Maka dari itu bila penghasilan keluarga seseorang tergolong minim sebaiknya sangat diwajibkan untuk menghindari utang. 

Mungkin saja Anda berniat untuk meminjam uang untuk keperluan usaha. Namun sebelum benar-benar meminjam uang alangkah baiknya Anda mencermati hitung-hitungan Anda. Karena bisnis ini sesuatu yang tidak pasti, jangan sampai perhitungan Anda meleset hingga membuat Anda terlilit utang yang ternyata akan lebih memperparah keadaan. 

Daripada meminjam uang akan lebih baik bila Anda merintis usaha Anda dari kecil dan bertahap. Selain Anda tidak terbebani dengan utang, Anda akan lebih tenang menjalankan usaha Anda.

2. Buat rencana keuangan

Penghasilan yang minim memang harus diatur sedemikian rupa dengan segala jurus, trik dan strategi agar bisa mencukupi kebutuhan. Dalam hal ini membuat sebuah perencanaan keuangan merupakan tips jitu untuk keluarga yang sedang mencoba menciptakan skema keuangan yang berimbang. 

Butalah rencana keuangan keluarga yang realistis. Dengan adanya rencana keuangan yang realistis ini sebuah keluarga juga akan terhindar dari pengeluaran yang tidak perlu dan berlebihan.

Dengan perencanaan keuangan yang baik ini sebuah keluarga juga akan terhindar dari hutang karena kekurangan dana untuk memenuhi kebutuhan yang ada. Tanpa adanya hutang tentu saja Anda akan lebih aman dan nyaman dalam menjalankan hidup Anda. 

Dari sini tentu saja perencanaan keuangan ini sangatlah penting dilakukan untuk menjadikan keuangan Anda stabil dan efektif.

3. Bedakan antara kebutuhan dan keinginan

Banyak orang yang terlena dengan adanya keinginan. Padahal keinginan manusia itu tidak akan ada habisnya. Maka jika seseorang selalu menuruti keinginan, biasanya mereka akan terpuruk tak peduli besanya penghasilan yang didapat. 

Untuk keluarga yang memiliki pendapatan yang minim tentu menuntut pemenuhan berdasarkan keinginan adalah hal yang wajib dihindari. Alih-alih berhasrat ingin akan lebih baik bagi keluarga berpenghasilan minim memprioritaskan diripada kebutuhan yang memang benar-benar harus dipenuhi. 

Jika keinginan bisa saja ditunda karena tidak terlalu penting, namun kebutuhan adalah sesuatu yang penting tidak bisa ditunda. Ia harus segera dipenuhi agar kehidupan berjalan normal dan lancar.
 
4. Menabung

Menabung adalah sesuatu yang baik untuk siapapun. Terutama Anda yang merupakan keluarga dengan penghasilan yang pas-pasan atau minim, menabung adalah hal yang sangat bermanfaat. 

Bagaimana bisa menabung sedangkan pendapatan yang dihasilkan adalah pas-pasan? Tentu saja semuanya bisa dilakukan, tergantung niat dan kemauan Anda. Jika Anda memang sudah berniat untuk bisa menabung, maka dengan rencana keuangan yang Anda susun bukanlah sesuatu yang mustahil Anda bisa menabung. 

Lalu apa manfaatnya menabung? Tentu saja menabung banyak manfaatnya. Selain bisa menangkal segala kebutuhan yang tidak terduga, tabungan juga bisa Anda gunakan untuk membuat rencana keuangan yang lebih sehat. 

5. Hindari sifat konsumtif

Terakhir, cara atau teknik bagi keluarga yang berpennghasilan minim untuk bisa berhemat secara efektif adalah dengan menghindari sifat konsumtif. Sifat konsumtif memang acap kali menjadi hantu bagi seseorang untuk menciptakan keuangan keluarga yang stabil dan sehat. 

Apalagi bagi Anda yang merupakan keluarga dengan penghasilan yang pas-pasan atau minim. Sifat konsumtif ini memang akan sangat mengganggu Anda untuk berhemat. Maka untuk bisa menghilangkannya Anda mau tak mau memang harus dengan perlahan menghindari sifat konsumtif tersebut.
 
Jangan sekali-kali tergiur dengan sesuatu yang belum tentu Anda butuhkan. Kebanyakan sifat konsumtif ini memang muncul dari keinginan yang menggebu yang tentunya bertentangan dengan tips ketiga dari cara mengemat diatas.

Inilah beberapa cara atau teknik menghemat yang bisa dilakukan oleh keluarga yang memiliki penghasilan yang minim. Tidak ada cara yang efektif jika tidak dijalankan. Maka cobalah untuk mempraktikkan segala tips yang ada diatas agar keuangan yang Anda jalankan bisa berjalan dengan maksimal dan produktif.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya