Tujuh Bisnis Tanpa Modal yang Bisa Anda Pilih

Ilustrasi guru privat musik
Sumber :

VIVA.co.id - Apakah Anda termasuk yang ingin memulai bisnis, tetapi tidak memiliki modal?

Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros

Sebenarnya tidak usah terlalu cemas dan khawatir, karena tanpa uang pun, Anda bisa menjalankan bisnis.

Soalnya modal berbisnis kan bukan cuma uang, tetapi bisa berupa pengalaman, tenaga, pikiran, keahlian, atau keterampilan. Jadi, kalau Anda memiliki salah satu di antaranya, Anda bisa terjun di dunia bisnis.

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik

Yuk, simak apa tujuh aneka bisnis yang bisa dipilih tanpa mengeluarkan modal sepeserpun,

1. Menjadi penulis lepas

Anda suka, atau jago menulis? Kemampuan menulis Anda bisa kok dijadikan bisnis.

Cara Hemat Atur Keuangan untuk Anak Kos

Coba saja menjadi penulis lepas di media cetak, seperti majalah, surat kabar, dan tabloid maupun online, atau menjadi seorang blogger.

Selain itu, Anda juga bisa menulis buku. Kalau diterbitkan, Anda akan menikmati royalti yang lumayan.

2. Mengajar les pribadi

Anda pintar dalam matematika, bahasa Inggris, mengambar, atau alat musik? Kalau iya, manfaatkan keahlian Anda tersebut untuk mengajar les pribadi menjadi guru matematika, bahasa Inggris, musik, atau menggambar.

Dengan menjadi guru pribadi, Anda tidak perlu pusing memikirkan sewa tempat dan biaya lainnya, seperti papan tulis, kursi, meja, listrik, karena biasanya Anda disuruh datang ke tempat atau rumah murid Anda tersebut.

3. Menyanyi atau main musik

Memiliki keahlian menyanyi atau main musik? Selain bisa menjadi guru musik, Anda juga bisa menjadi penyanyi di kafe, nikahan, acara kantor atau acara-acara lainnya.

Selain menyalurkan hobi menyanyi, dengan modal suara merdu, Anda juga sekaligus mendapatkan penghasilan. Enak, bukan?

Begitu juga jika Anda jago menggunakan alat musik tertentu, misalnya piano, gitar, bas maka Anda bisa menjadi guru les musik atau ikut band, yang biasanya juga diundang dalam acara-acara hiburan.

Baca juga: Enam Vendor Catering Terbaik di Jakarta Untuk Resepsi Pernikahan Kamu!

4. Dropshipper

Nah, kalau sebelumnya Anda sangat ingin dagang online, tetapi tidak punya modal sama sekali untuk membeli produk yang akan dijual kembali, Anda bisa kok mencoba menjadi dropshipper.

Dengan menjadi dropshipper, Anda tidak perlu membeli produk untuk dijual kembali, karena penyalurlah yang akan mengirimkan barang tersebut ke pembeli dengan menggunakan nama Anda.

Selanjutnya, Anda hanya tinggal mengecek, apakah stok barang di penyalur tersebut masih tersedia, atau sudah habis. Mudah, bukan?



5. Penyewaan buku

Jika Anda memiliki banyak koleksi buku bacaan, seperti komik, majalah, novel hingga buku "berat", kenapa tidak Anda sewakan saja? Lumayan lho.

Dari pada dibiarkan di lemari buku atau gudang, kan lebih bermanfaat kalau disewakan. Selain Anda mendapat uang, juga memberi ilmu atau hiburan untuk orang lain.

Bisnis penyewaan buku ini lumayan menguntungkan, soalnya harga buku yang makin mahal, sehingga beberapa orang memilih untuk menyewa dibanding beli baru. Apalagi kebiasaan kebanyakan orang Indonesia, setelah membaca sekali akan diletakkan begitu saja, alias tak dibaca lagi.

Tapi hati-hati menjalan bisnis ini, Anda harus menerapkan aturan yang ketat, meminta identitas jelas. Anda juga harus memberi sanksi bagi yang telat dan tak mengembalikan untuk memastikan bahwa buku kembali tanpa rusak dan tidak hilang.

6. Melukis

Keahlian satu ini memang tak semua orang memilikinya. Bagi Anda yang lahir dengan bakat melukis bersyukurlah, karena bakat Anda itu bisa menjadi uang kalau Anda manfaatkan dengan benar.

Anda bisa mengikuti lomba melukis atau membuat logo perusahaan, yang sering dilombakan. Anda juga bisa ikut pameran lukis bersama, atau menjual lukisan Anda.

Baca juga: 11 Bank Penyedia KPR Terbaik Dengan Bunga di Bawah 1 Persen!

7. Senam

Anda senang senam erobik, pilates atau yoga? Sekarang itu lagi booming yang namanya pilates atau yoga, dengan beraneka ragam jenisnya.

Jika Anda awalnya hanya ikut-ikutan senam erobik, pilates atau yoga, Anda perdalam saja dan belajar menjadi instruktur dan mengajar di lingkungan rumah, atau teman kantor secara rutin dengan tarif yang lumayan.

Kalau sudah begitu, selain sehat fisik, pikiran juga kantong, bukan?

Kalau kamu masih membutuhkan modal untuk usaha atau traveling kamu, manfaatkan fasilitas kredit tanpa agunan (KTA) dari berbagai bank penyedia, bandingkan beberapa produk KTA sekarang, klik di sini!

Suka artikel ini? Klik di sini untuk membaca ratusan artikel menarik lainnya!

(asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya