3 Hal yang Bikin Anda Bangkrut di Akhir Bulan

ilusrasi pekerja.
Sumber :
  • damarque.com
VIVA.co.id
Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros
- Besarnya gaji atau pendapatan seseorang, tidak menjamin bisa stabil secara finansial. Inti masalahnya terletak pada kebiasaan yang dilakukan seseorang tersebut dalam pengaturan keuangannya. 

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik
Berikut adalah beberapa kebiasaan keuangan yang tidak sadar dilakukan seseorang, dan akhirnya menjadi pendorong kebangkrutannya ketika di akhir bulan.   

Cara Hemat Atur Keuangan untuk Anak Kos
Tidak pikirkan utang

Kebiasaan untuk selalu belanja benda yang tidak dibutuhkan selalu dijalankan walau di satu sisi harus bayar utang. Padahal, setiap penghasilan haruslah dibagi menjadi pos-pos khusus dalam setiap pengeluarannya. 

Karena tidak sedikit orang yang lupa diri dan akhirnya keasyikan menggunakan uangnya ketika baru menerima gaji di awal bulan. 

Solusinya, buat anggaran belanja untuk biaya hidup, menabung, dana cadangan, dan bayar utang. Kemudian gunakan sisanya untuk senang-senang. Memang sepele, tapi cukup efektif. 

1. Selalu melakukan aktivitas yang keluarkan uang

Tanya pada diri Anda, berapa kali Anda harus nongkrong dengan teman-teman atau jalan-jalan ke pusat perbelanjaan? Bila rata-rata menghabiskan Rp100 ribu setiap kali nongkrong dan melakukannya hingga lebih dari tiga kali dalam seminggu, berapa uang yang sudah Anda habiskan? 

2. Malas investasi

Lagi-lagi ini adalah urusan mengembangkan uang Anda lebih berkembang. Jadi Anda tidak perlu tergantung pada gaji, dan akhirnya memiliki sebuah aset.

Jangan berpikir Anda masih memiliki umur yang panjang dan akhirnya menunda investasi.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya