Akibat Kabut Asap, Kunjungan Wisman ke Kalimantan Berkurang

Bencana kabut asap membuat bandar udara lumpuh
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan
VIVA.co.id
Cari Data Investasi Lebih Akurat BKPM Gandeng BPS
- Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan, bencana kabut asap yang melanda wilayah Sumatera dan Kalimantan, ternyata turut berdampak kepada penurunan jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke daerah tersebut.

Jawa Sumbang 58,1 Persen Ekonomi RI di Kuartal II 2016
"Karena bencana kabut asap, kunjungan ke daerah Kalimantan dan Sumatera  memang mengalami penurunan jumlah wisman pada September 2015," ujar Kepala BPS Suryamin, di Kantor Pusat BPS, Jakarta, Senin 2 November 2015. 

Pendapatan Usaha Naik, Optimisme Pelaku Bisnis Meningkat
Berdasarkan data BPS, jumlah wisatawan mancanegara yang melalui bandar udara Kuala Namu mengalami penurunan sebesar 9,90 persen dibanding bulan sebelumnnya, yakni Agustus.

Sementara itu, jumlah wisman yang melalui Bandara Entikong, Kalimantan Barat, juga mengalami penurunan sebesar 17,16 persen.

Meskipun demikian, secara keseluruhan, BPS mencatat jumlah Wisman yang berkunjung ke Indonesia, justru mengalami peningkatan sebesar 9,84 persen, atau sekitar 869,2 ribu pengunjung sampai akhir September.

"Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia pada September 2015, mencapai 869,2 ribu kunjungan, atau naik 9,84 persen dibandingkan jumlah kunjungan Wisman pada September 2014, yang tercatat sebanyak 791,3 ribu kunjungan," ujarnya.

Dia melanjutkan, jika dibandingkan dengan Agustus 2015, jumlah kunjungan wisman September 2015 naik sebesar 2,19 persen. Jadi, secara kumulatif, yaitu dari bulan Januari hingga September 2015, jumlah Wisman yang berkunjung ke Tanah Air mencapai 7,19 juta orang. 

"Artinya, ini mengalami peningkatan 3,53 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya," ucapnya. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya