Trik Hemat Ketika Liburan ke Luar Negeri

Sumber :
  • Ist/Globe Trotting
VIVA.co.id
Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros
- Sudah punya rencana liburan ke luar negeri untuk akhir tahun kali ini? Supaya perjalanan lebih nyaman, mengasyikkan, dan aman, berikut adalah lima hal yang mesti Anda siapkan. 

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik
Riset lokasi

Cara Hemat Atur Keuangan untuk Anak Kos
Anda pastinya sudah memiliki negara tujuan wisata favorit yang akan dikunjungi. Selanjutnya, adalah mencari tahu lebih detail tentang negara tersebut, khususnya melakukan riset lokasi tujuan wisata.

Cara ini bisa membuat Anda lebih hemat, karena bisa mengetahui lokasi-lokasi wisata yang berdekatan. Selain itu, Anda tidak akan bingung dan menghabiskan waktu menentukan pilihan daerah wisata.

Atur cara tunai dan kredit

Cari tahu juga, kebiasaan pembayaran yang dilakukan di negara tujuan wisata yang ingin dituju. Apakah Anda mesti mempersiapkan uang tunai negara tersebut, atau cukup bisa dilakukan dengan kartu kredit.

Cari tahu di forum perjalanan, atau ulasan-ulasan seseorang yang pernah mengunjungi. 

Bila bisa dimungkinkan dengan kartu kredit, kelabihannya Anda tidak harus menukar uang tunai dalam jumlah besar. Selain itu, saat ini, banyak kartu kredit yang menawarkan promo, atau diskon bila digunakan di luar negeri.


Amankan dokumen

Sudah pasti Anda akan membawa dokumen pribadi seperti paspor, kartu identitas, atau kartu kredit ketika berlibur. Anda pasti tidak berharap dokumen-dokumen penting itu hilang ketika liburan. Tetapi, skenario terburuk bisa saja terjadi 

Untuk mengantisipasi risiko tersebut, cobalah untuk memindai (scan) terlebih dahulu dokumen-dokumen penting sebelum berlibur. Alasannya, ketika risiko buruk terjadi, maka proses pelaporan dokumen yang hilang, serta penggantiannya akan lebih cepat karena Anda memiliki salinannya.



Cek tempat inap dan transportasi

Jangan lupa untuk mengecek transportasi dan penginapan di negara wisata.

Buatlah reservasi untuk beberapa hari pertama. Tujuannya, agar lebih hemat dan tidak perlu bingung tentang tempat menginap ketika pertama kali sampai di negara tujuan. 

Di hari selanjutnya, Anda bebas menentukan apakah melanjutkan penginapan tersebut, atau mencari yang lebih murah lagi dan dekat dengan tujuan wisata selanjutnya.

Cari tahu pula transportasi yang dapat digunakan selama berlibur, misal transportasi dari bandara ke hotel, atau kendaraan ke tempat wisata di negara tujuan.

Beli perlindungan

Setiap orang pasti tidak ingin terkena risiko pada perjalanan liburan. Itulah pentingnya memiliki asuransi perjalanan. Kenapa?

Sebab, perlindungan itu bisa mengganti kerugian biaya atas risiko yang bisa terjadi ketika liburan dan Anda bisa lebih hemat, karena tidak perlu khawatir untuk menanggung biayanya sendiri.

Banyak risiko yang bisa dilindungi dengan asuransi perjalanan. Seperti kecelakaan, kehilangan barang, kerusakan bagasi, kehilangan dokumen, hingga jadwal pesawat yang tertunda. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya