Tiga Trik Jitu Cepat Punya Rumah

Ilustrasi kredit kepemilikan rumah.
Sumber :
VIVA.co.id
Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros
- Realisasi memiliki hunian sendiri lebih menggebu lagi bagi Anda yang berencana menikah, atau bahkan sudah menikah. Anda yang masih lajang bukan artinya tidak boleh memiliki niat menggebu pula pada rencana tersebut. 

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik
Kapan waktu yang tepat untuk Anda membeli rumah? Jawaban pastinya, sekarang. Sebab, harga properti yang terus melambung setiap tahun bisa jadi alasan, bila tidak sekarang membelinya sampai kapan harus menunggu? 

Cara Hemat Atur Keuangan untuk Anak Kos
Berikut adalah beberapa hal yang harus dipersiapkan dan dilakukan untuk merealisasikan rencana tersebut. 

1. Sesuaikan kebutuhan

Apakah Anda butuh rumah yang besar? Apakah Anda langsung ingin menempati rumah tersebut setelah membelinya? 

Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah cerminan dari kebutuhan Anda saat ingin membeli rumah. Misalnya, pasangan yang baru menikah mungkin lebih membutuhkan rumah yang lebih kecil karena hanya tinggal berdua. 

Hal itu berbeda dengan Anda yang telah memiliki anak yang membutuhkan rumah yang lebih besar. 

Anda mesti ingat, luas rumah sangat mempengaruhi harga rumah. Bila Anda mesti membelinya dengan kredit, maka berdampak pada besarnya angsuran dan uang muka rumah yang perlu dibayarkan. 

Sekadar investasi atau kebutuhan, rencana memiliki rumah juga perlu disesuaikan dengan kemampuan finansial dan beban cicilan yang akan dibayar setiap bulan.


2. Tahu detil kredit

Jika Anda sudah punya uang yang cukup dan bisa membayar pembelian rumah secara tunai, maka semua tidak ada masalah. Bagaimana jika sebaliknya?

Mau tidak mau Anda wajib mengambil kredit pemilikan rumah (KPR). Fasilitas itupun bisa digunakan untuk membeli rumah baru atau rumah bekas. Dan, banyak bank yang menawarkan berbagai tawaran produk KPR ini dengan berbagai benefit. 

Catatannya, Anda perlu mempelajari produk dengan sebaik-baiknya. Hal paling penting adalah membandingkan berbagai benefit yang ditawarkan, mulai dari bunga, syarat, serta fasilitas lain seperti misalnya asuransi.

3. Cari informasi lain

Anda mungkin telah memiliki target properti yang ingin dibeli secara kredit. Langkah selanjutnya adalah memilih bank yang tepat untuk produk yang ingin diajukan. 

Tapi, bagaimana caranya memilih bank yang memiliki reputasi baik dalam memberikan pinjaman atau kredit? Cobalah untuk bertanya pada orang lain yang pernah atau memiliki pengalaman mengajukan KPR. 

Bisa juga berdiskusi dan  mencari tahu secara online pada forum finansial tepercaya. Agar Anda bisa mendapatkan informasi yang lengkap. 

Setiap bank memiliki jangka waktu proses dan syarat yang berbeda. Kami berharap tiga cara ini bisa membantu Anda mewujudkan impian miliki rumah di tahun 2015 ini.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya