Mendag: Ekonomi 2010 Masih Berat

VIVAnews - Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu mengaku pertumbuhan ekonomi pada 2010 di Indonesia masih berat. Hal ini dikatakan dia menanggapi langkah Bank Dunia merevisi pertumbuhan ekonomi dunia dari semula minus 1,7 persen menjadi minus 2,2 persen. 
 
"Kalau pertumbuhan ekonomi tahun ini dianggap lebih rendah dari tahun sebelumnya, untuk bisa keluar lagi menjadi positif pada 2010, harus ada asumsi yang diturunkan. Masih berat untuk tahun depan," kata Mari usai rapat kerja dengan Komisi Perdagangan dan Perindustrian DPR, Rabu, 24 Juni 2009.
 
Dari segi pengaruh eksternal, yakni pertumbuhan ekspor dan investasi, menurut dia, tidak akan banyak memberi sumbangan pada pertumbuhan ekonomi. "Sudah dibuat analisis risiko dan analisis sensitivitas untuk membuat skenario terbaik dan terburuk," katanya. "Ekspektasi kami, tidak banyak sumbangan dari ekspor dan investasi."
 
Sehingga, dia menambahkan, pemerintah akan fokus pada pengamanan dalam negeri dan stimulasi permintaan dalam negeri. "Rencana pembelanjaan anggaran akan tetap melanjutkan program tahun anggaran ini, seperti stimulus fiskal, belanja infrastruktur, dan mempertahankan daya beli masyarakat melalui Perogram Beras Miskin, Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri, dan Kredit Usaha Rakyat," kata Mari. 
 
Meski masih terjadi defisit transaksi berjalan, Mari menilai pergerakan negatif tersebut tidak akan terlalu bermasalah. "Tidak perlu kuatir, defisit transaksi berjalan negatif tidak akan bermasalah pada neraca eksternal jika ada capital flow yang masuk," ujarnya. 
 
Mari menjelaskan, meski pertumbuhan investasi menurun tapi diharapkan masih ada positif in flow dari pertumbuhan ekonomi. "Tentunya masih ada bantuan dan pinjaman luar negeri yang sudah ada komitmen, termasuk penerbitan obligasi. Pertimbangannya pasti ada," kata dia.

Prabowo Ingin Bentuk 'Executive Heavy" dengan Rangkul Semua Parpol, Kata Peneliti BRIN
Reskrim Polres Metro Jakarta Barat meringkus sipir taksi online bernama Michael Gomgom (30), yang menodong dan memeras seorang wanita yang menjadi penumpangnya.

Sopir Taksi Online yang Todong Penumpang Wanita dan Minta Rp 100 Juta Ditangkap saat Tidur Pulas

Reskrim Polres Jakarta Barat, meringkus sopir taksi online, Michael Gomgom (30), yang menodong dan memeras seorang wanita yang menjadi penumpangnya. Dia sedang istirahat.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024