Ini Lima Kesalahan Pengaturan Keuangan

Ilustrasi
Sumber :
  • Dokumentasi HaloMoney

VIVA.co.id - Berbicara tentang pengaturan keuangan, setiap orang pasti memiliki kesalahan. Hal itu biasanya menyangkut kebiasaan yang sulit dihindari. Padahal, kunci dari pengelolaan keuangan yang baik adalah menyadari pemborosan yang sering merusak kehidupan finansial Anda.

Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros

Nah, berikut ini adalah lima kebiasaan buruk yang kerap membuat seseorang akhirnya terjerumus dan tenggelam dalam jeratan utang dan sulit menabung.

Belanja dengan kartu kredit untuk barang yang tidak mampu dibeli

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik

Kartu kredit adalah alat untuk memudahkan Anda melakukan pembayaran. Bukan duit tambahan ataupun alat untuk menumpuk utang.

Ingat, suku bunga rata-rata sebuah kartu kredit biasanya berada di kisaran 2,95 persen per bulan. Karena itu, jika menunggak tagihan kartu kredit artinya Anda menumpuk beban bunga bulanan tersebut.

Cara Hemat Atur Keuangan untuk Anak Kos

Utang atau tunggakan yang menumpuk ini sering datang ketika Anda kebablasan berbelanja sampai melampaui kemampuan keuangan. Karena itu, sebaiknya coba untuk melihat kembali kebutuhan utama ketika ingin berbelanja agar tidak kebablasan.

Malas berhitung keuangan

Ini kebiasaan yang banyak dimiliki seseorang, yaitu malas mengetahui pengeluaran bulanan. Padahal, dengan mencatat kembali atau menghitung semua transaksi belanja dan lainnya sepanjang satu bulan maka Anda akan mengetahui dengan pasti ke mana saja uang Anda pergi.

Tak hanya itu, Anda juga bisa tahu berapa uang lebih yang bisa disisihkan untuk ditabung dan diinvestasikan. Tidak ada kamus sulit untuk melakukannya saat ini. Sebab, sekarang banyak perangkat lunak atau aplikasi yang bisa membantu kegiatan pembuatan anggaran ini.

Baca juga: Daftar Aplikasi Android Terbaik untuk Kelola Keuangan

Belanja pakai kartu kredit tanpa harapkan keuntungan

Selain memudahkan pembayaran, jika bisa dimaksimalkan dengan baik, kartu kredit juga bisa membantu Anda untuk lebih berhemat. Buktinya, setiap bulan selalu ada promo, diskon, reward, atau benefit khusus yang ditawarkan. Agar memperoleh keuntungan, cobalah untuk memaksimalkan.

Baca juga: Ciri Kartu Kredit yang Tidak Berikan Keuntungan

Tidak berusaha lebih sehat

Ya, tidak semua kebiasaan ini memang bisa membuat Anda lebih kaya dan memiliki kemampuan finansial yang mantap. Namun ketika bisa bangun lebih pagi atau berusaha untuk lebih sehat, Anda akan bisa menginvestasikan banyak hal. Seperti bisa berolahraga, bisa menjalankan bisnis sampingan, atau mengerjakan pekerjaan sampingan.

Cukup sederhana memang hal itu. Tapi biasanya peluang atau ide bisnis muncul ketika Anda bisa lebih sering bangun pagi, dan memacu lebih sehat dalam menjalankan rutinitas harian. Sebab pikiran Anda pun bisa lebih sehat.

Tidak pisahkan dana investasi dan dana darurat

Sudah pasti, dua jenis dana ini harus ada di pos yang berbeda. Tetapi, bila tidak dipersiapkan dengan tepat atau penempatannya tidak jelas, maka dana yang awalnya dipakai sebagai simpanan masa depan bisa jadi dana tak terduga.

Karena itu, buatkan akun tabungan yang terpisah. Ingat, dana darurat itu sangat penting. Dan, jangan pernah menganggap Anda tidak membutuhkan.

Baca juga: Langkah Efektif Atur Anggaran Bulanan Agar Tidak Boros

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya