Gaji Sudah Naik, Kok Masih Bangkrut di Tengah Bulan?

Kalkulator
Sumber :
  • Dokumentasi Toyota Astra Motor
VIVA.co.id
Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros
- Sering bingung karena uang di rekening tinggal sedikit, atau bahkan habis tak tersisa, padahal belum mencapai akhir bulan? Padahal, gaji baru naik di bulan kemarin.
 
Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik
Jika sering mengalami hal itu, bisa dibilang Anda memang tidak mempunyai perencanaan keuangan yang baik. 

Cara Hemat Atur Keuangan untuk Anak Kos
Bahkan sangat mungkin Anda memiliki beberapa kebiasaan buruk yang dapat membuat diri Anda menghambur-hamburkan uang. 

Berikut ini empat daftar kebiasaan buruk yang dapat membuat Anda selalu kekurangan uang, tidak peduli berapa gaji yang dimiliki.

Uang yang dikeluarkan masih lebih banyak dibanding kenaikan gaji.
Memang tidak salah, jika Anda ingin meningkatkan standar hidup seiring naiknya pendapatan. 

Namun, apakah hal itu mesti dilakukan? Beruntung, jika Anda sudah tidak punya utang atau cicilan tagihan yang masih perlu dibayarkan. 

Tapi, bila sebaliknya, maka Anda tidak bisa mengeluarkan biaya tambahan yang lebih banyak dari kenaikan gajimu.

Jika terus menerus dilakukan, Anda akan mendapatkan situasi sangat sulit untuk menabung dan berinvestasi karena sudah terbiasa dengan standar hidup yang tinggi. Jadi, tetaplah bijak dalam mengontrol pengeluaran.

Hanya fokus masa sekarang 

Sering kali, banyak orang yang memilih menghindarkan diri dari suatu masalah ketika mengetahui ada sebuah masalah sulit. 

Jika memiliki pemikiran seperti itu, maka Anda berada dalam sebuah bencana. Apalagi, masalah yang ada merupakan permasalahan terhadap keuangan.

Alasannya, banyak dari Anda yang sering lebih fokus kepada kebutuhan saat ini tanpa memberikan perhatian dan pikiran mengenai kebutuhan di masa depan. 

Padahal, ketika harus membuat sebuah keputusan mengenai urusan keuangan, biasakan juga memikirkan dampak dari keputusan tersebut di masa yang akan datang. Buatlah keputusan yang terbaik untuk masa depan.

Berpikir terlalu dini untuk mulai menabung

Banyak orang di usia muda berpikir tentang terlalu dini untuk mulai menabung dan berinvestasi, dan lebih sering menghabiskan uang mereka untuk membeli barang-barang yang mereka inginkan.

Bila ingin selamat dalam masalah keuangan, jangan pernah memiliki pemikiran seperti itu. Karena tidak peduli seberapa banyak pendapatan, rendah atau tinggi, Anda harus mulai membiasakan diri untuk menyisihkan sebagian uang untuk menabung. 

Mulailah menabung dari hari ini dan sisihkan sebelum dihabiskan. 

Tidak pernah punya rencana keuangan

Jika Anda tidak pernah melakukan pencatatan mengenai pengeluaran dan pemasukan, maka sudah bisa dipastikan berapapun pendapatan Anda akan selalu habis tanpa sisa. 

Mulai sekarang, biasakanlah diri Anda untuk mulai melakukan pencatatan dari setiap pengeluaran dan pemasukan. Sebab, hal ini akan membuat Anda menjadi terbiasa dan lebih pintar dalam mengatur keuangan. (ase)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya