Cara Atur Keuangan di Usia 40

Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar
VIVA.co.id
Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros
- Ketika memasuki usia 40 tahun, beberapa tantangan keuangan tentu terlintas di pikiran. Dimulai dana masa depan anak, pendidikan anak, kesehatan keluarga, dana sehari-hari, hingga rencana setelah pensiun. 

Siasati Uang Kuliah yang Mahal dengan Cara Ini
Mungkin, sebagian dari Anda sudah memiliki perencanaan semua itu. Namun, bagi Anda yang belum bagaimana? Berikut, adalah lima strategi yang bisa dilakukan:

Orang-orang Sukses Ini Jual Hartanya untuk Mengejar Gairah
1. Siapkan dana cadangan

Ketika memasuki usia 40-an, hal pertama yang bisa disiapkan adalah tersedianya dana cadangan untuk kebutuhan-kebutuhan tidak terduga. Pastikan dana ini tersedia minimal enam kali dari gaji Anda. 

Sebab, bila sudah tersedia, maka ketika ada masalah keuangan yang tidak sesuai dengan perkiraan bisa langsung diselesaikan dengan baik tanpa berutang. 

2. Buat jelas rencana pensiun

Mungkin Anda memiliki rencana akan pensiun di usia 60. Dengan begitu masih ada waktu 20 tahun lagi untuk menyiapkannya ketika berusia 40 tahun. Bagaimana jika rencana pensiun lebih singkat, misal 55 tahun. 

Hal yang mesti ditekankan adalah buat jelas semua rencana pensiun Anda. Mulai dari dana yang harus dipersiapkan, kegiatan yang akan dilakukan, serta hal lainnya pastikan memiliki perhitungan yang tepat sesuai target. 

Manfaatkan keuntungan-keuntungan yang bisa didapatkan dari kontrak kerja dengan perusahaanmu. Atau, miliki asuransi untuk persiapan dana pensiun.


3. Selesaikan utang

Perencanaan keuangan lain yang mesti dilakukan ketika memasuki usia 40 adalah menyelesaikan utang. Bila dimungkinkan, jangan menambah utang-utang jangka panjang, terlebih pelunasannya harus dilakukan walau Anda telah pensiun. 

Saat miliki utang kartu kredit, dana pinjaman pendidikan, tagihan rumah sakit, dan yang lainnya, lakukan pelunasan utang tersebut dengan segera. Minimal, berusaha untuk mengurangi utang itu. 



4. Wajib investasi

Kami tidak pernah bosan mengingatkan jika berinvestasi itu penting. Segeralah berinvestasi untuk mengembangkan uang yang Anda miliki dan persiapan masa depan. 

Saat berinvestasi, lakukan dengan penuh perhitungan, analisa, dan keputusan yang bijak didasarkan dengan pengetahuan-pengetahuan yang kamu miliki tentang pilihan investasi.

 
5. Siapkan dana pendidikan

Di usia 40-an, biasanya seseorang sudah memiliki anak dengan usia remaja dan memasuki masa sekolah menengah. Karena itulah, Anda harus segera mempersiapkan dana kuliah, agar anak-anak Anda mendapatkan pendidikan yang terbaik untuk masa depannya.


(asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya