Trik Beli Rumah dengan Gaji Pas-pasan

Rumahku.com
Sumber :
  • Rumahku.com

VIVA.co.id -  Mempunyai rumah sendiri tentu bagian dari mimpi seseorang dalam hidupnya karena tak mungkin selamanya tinggal menumpang pada orang tua. Memiliki rumah sendiri berarti belajar untuk hidup secara mandiri dan tidak lagi bergantung atau merepotkan orang tua. 

LinkedIn Rilis Kalkulator Gaji

Namun harga satu unit rumah tidaklah murah. Anda harus berpikir bagaimana caranya untuk mempunyai modal awal untuk membeli rumah serta cicilan yang perlu dibayarkan tiap bulan. Sebagian orang berpikir bagaimana bisa membeli rumah sedangkan gaji saja pas-pasan?

Jangan berkecil hati terlebih dahulu, karena setiap orang berhak untuk memiliki rumah yang layak. Dengan asumsi cicilan per bulannya maksimum 30 persen dari besarnya gaji yang diperoleh tiap bulan.
Pentingnya Investasi Properti Sejak Muda, Ini Alasannya

Disarankan untuk mengambil cicilan jangka panjang lewat Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Bank saat pembelian rumah dengan kisaran 15 tahun-20 tahun. Semakin lama jangka cicilannya maka semakin kecil nominal rupiah yang perlu dibayarkan tiap bulan.
Hindari Hal Ini Ketika Beli Rumah Pertama Kali

Anda tentunya memiliki pengeluaran lain yang dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup? Sebelum mengajukan KPR ke bank, lakukan sedikit percobaan untuk menyisihkan dana sebesar Rp500.000 – Rp800.000 untuk 4 bulan-5 bulan ke depan dari gaji yang diperoleh.

Hal ini untuk melihat apakah Anda benar-benar bisa untuk mencicil KPR atau tidak, jika cara ini bisa dilakukan secara berkala, itu artinya Anda sudah siap untuk mencicil rumah.

Selain analisa tentang kemampuan mencicil KPR, selanjutnya yang perlu diperhatikan ialah mengenai besaran uang muka atau Down Payment (DP) saat pembelian rumah.

Ketahui berapa besar DP yang diminta oleh pihak bank. Biasanya pihak bank akan meminta DP sekitar 30 persen dari harga rumah yang akan dikredit. Itulah mengapa Anda perlu menyiapkan dana yang cukup besar untuk melakukan DP sebagai tanda jadi bahwa Anda benar-benar ingin membeli rumah tersebut.

Juga penting untuk mengetahui berapa kenaikan harga properti di daerah yang Anda tuju untuk membeli rumah, hal ini bisa dijadikan pertimbangan untuk mempersiapkan uang muka. Kenaikan harga properti dapat meningkat sampai 15 persen-20 persen tiap tahunnya.

Selain DP dan uang cicilan, hal lainnya yang tidak kalah penting ialah persiapkan dana administrasi dan asuransi yang harus dibayarkan di awal transaksi. Jika hal tersebut sudah terpenuhi, maka dapat dikatakan Anda sudah memiliki kemampuan finansial untuk mengajukan KPR agar kedepannya tidak mengalami kredit macet.

Tips lainnya yang bisa Anda terapkan yakni carilah bank dengan bunga ringan dan tetap per tahunnya, pilih bank yang sudah terpercaya dalam mengurus KPR, batasi besaran cicilan yang bisa Anda sanggupi tiap bulannya, siapkan dana darurat, dan sudah memiliki asuransi untuk berjaga-jaga.

Sumber: Rumahku.com

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya