Rosan Menang Telak dari Gobel, Jadi Ketua Umum Kadin

Ketua Umum Kadin Rosan Perkasa Roeslani
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi
VIVA.co.id
Alasan Pengusaha RI Belum Tertarik Sponsori Rio Haryanto
- Rosan Perkasa Roeslani akhirnya terpilih jadi Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) periode 2015-2020 dalam Musyawarah Nasional VII/2015 di Trans Luxury Hotel, Jalan Gatot Subroto, Kota Bandung, Selasa malam 24 November 2015.

Bakmi Kadin, Legendanya Bakmi di Jogja

Dari total 132 suara yang diperebutkan, Rosan unggul telak setelah meraih 102 suara. Sementara kandidat lainnya Rahmat Gobel hanya meraup 27 suara. Dengan demikian, pengusaha berusia 46 tahun itu akhirnya dipercaya meneruskan tongkat kepemimpinan di tubuh Kadin dari Ketua Kadin sebelumnya, Suryo Bambang Sulistio.
Kadin Sambut Positif Kabinet Ekonomi


Pelaksanaan voting Ketua Kadin 2015-2020 sendiri sebenarnya molor dari yang dijadwalkan sebelumnya yakni pukul 15.00 WIB. Voting untuk memilih Ketua Kadin baru dilaksanakan sekitar pukul 21.45 WIB. Hal itu disebabkan karena pelaksanaan sejumlah agenda Munas melebihi waktu yang dijadwalkan.


Pemilihan Ketua Kadin 2015-2020 sendiri harus dilaksanakan melalui proses voting setelah opsi pertama yakni lewat proses musyawarah secara mufakat kedua kandidat tak mencapai kata sepakat.


Pada tahap awal para pengurus Kadin Daerah (Kadinda) memberikan hak suaranya, dilanjutkan penggunaan hak suara oleh asosiasi. Namun dari total 132 pemilik suara, tercatat tiga suara yang tidak digunakan dengan demikian yang menggunakan haknya sebanyak 129 suara.


Hal itu dikarenakan Kadinda Kalimantan Barat yang memiliki 3 hak suara hanya menggunakan satu suara, artinya ada dua hak suara yang tak digunakan. Sementara dari pihak asosiasi yang tak menggunakan hak suaranya dari Gabungan Perusahaan Farmasi Indonesia.


Setelah proses pengambilan suara dilakukan sekitar 30 menit, proses penghitungan suara kemudian dilakukan sekitar pukul 22.20 WIB. Saat suara pertama dibuka dan nama Rosan jadi yang pertama disebutkan. Hingga akhirnya secara total Rosan meraup 102 suara, unggul jauh dari Rahmat Gobel.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya