Donald Trump Ternyata Punya Saham Freeport

Ketua DPR Setya Novanto saat menghadiri kampanye Donald Trump.
Sumber :
  • REUTERS/Lucas Jackson

VIVA.co.id - Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) tengah menyelidiki kasus pencatutan nama Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla oleh Ketua DPR Setya Novanto untuk meminta saham PT Freeport Indonesia. Skandal antara Setya Novanto dengan Freeport pun mulai diungkap. 

Rampingkan Organisasi, Saham Induk Freeport Melonjak

Dilansir bizjournals, 25 November 2015, Donald Trump ternyata memiliki saham Freeport-McMoran, induk perusahaan PT Freeport Indonesia. Tapi tidak jelas berapa banyak saham Freeport yang dipegang oleh Trump.  

Seperti diketahui, Novanto sebelumnya pernah membuat heboh publik tanah air dengan menghadari kampanye politik deklarasi miliarder Donald Trump sebagai calon presiden Amerika Serikat (AS), saat berkunjung ke AS.

Di sela-sela kunjungannya, Novanto, juga dikabarkan bertemu pimpinan Freeport McMoran dalam sesi dengan US Indonesia Business Council di Washington DC.

Pertemuan Donald Trump dan Setya Novanto bukan merupakan agenda resmi. Menurut Wakil Ketua DPR, Fadli Zon, mereka berbicara tentang ekonomi dan investasi Trump di Indonesia.

Saham Freeport McMoran hanya satu dari ratusan perusahaan saham yang dimiliki Trump. Trump mengklaim memiliki kekayaan US$10 miliar.

Trump juga memiliki saham perusahaan-perusahaan terkenal seperti Apple, Google, Nike, Facebook, Philip Morris, dan banyak lagi.  

Apa Kabar Divestasi Saham Freeport?

MKD pun kini menyelidiki keterkaitan skandal intervensi Setya Novanto terhadap perpanjangan kontrak Freeport. 

Freport Indonesia saat ini sedang melobi pemerintah Indonesia agar mendapat perpanjangan kontrak pertambangan yang akan habis pada 2021. Freeport meminta perpanjangan kontrak hingga 2041.

Freeport Indonesia berkontribusi pada pendapatan Freeport McMoran sebesar 8,4 persen. Pemerintah saat ini memiliki saham Freeport Indonesia sebesar 9,4 persen.     

'Belum Ada Kesepatakan Harga Saham Freeport'

Salah satu tribun di Mimika Sports Complex

Papua Bangun Kompleks Olahraga Mewah untuk PON 2020

Pembangunan Mimika Sports Complex dibantu oleh PT Freeport Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
13 April 2016