Pengusaha Ini Jual Es Pisang Ijo Beromzet Rp300 Juta

Justmine Pisang Ijo
Sumber :
  • Viva.co.id/Dody Handoko

VIVA.co.id - Mulai dari usaha pulsa, laundry hingga ke warung makan adalah sederet cerita pahit gagalnya bisnis yang ditekuni Riezka. Baru di pertengahan tahun 2007, pelan-pelan jalan sukses mulai tersingkap. 
 
“Awalnya, saya mampir di sebuah restoran yang menjual es pisang ijo. Ternyata rasanya enak sekali. Lalu, tiba-tiba saja terpikir untuk mencoba bisnis jenis ini. Saya pun cari-cari resepnya di internet,” kisah Riezka.
 
Ternyata  tak semudah yang dibayangkan. Membuat es pisang ijo yang mantap membutuhkan kepiawaian dan talenta yang tinggi. Ia butuh waktu hingga berbulan-bulan untuk mempelajarinya setelah mengalami banyak trial and error.
 
“Alhamdulillah, setelah terlunta-lunta beberapa bulan itu, akhirnya saya menemukan resep yang manjur. Saya pun langsung jualan dengan memakai sebuah etalase di pinggir jalan,” kenang mahasiswi  Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Bandung ini.
 
Berbagai terobosan pun dilakukannya. Bermula dari pengurusan izin usaha, bisnisnya pun makin berkibar di bawah naungan CV Ezka Giga Pratama dengan produk Justmine Pisang Ijo.
 
Kini, setelah tiga tahun berlalu, ia mampu memasarkan produknya hingga ke berbagai pelosok Nusantara seperti Jabodetabek, Semarang, Surabaya, Sulawesi, Purbalingga, Purwokerto dan kota-kota lainnya dengan jumlah 100 outlet beromset Rp300 jutaan.

Riezka menceritakan awal kisahnya berbisnis. Mencoba segala usaha hingga merugi Rp150 juta. Pertama kali ia membuka usaha jualan pulsa, kemudian usaha laundry dan warung makan.

"Entah kenapa, semuanya gagal. Saya pun mencoba membidik usaha lain berupa bisnis investasi. Ternyata, saya malah hampir dibuat frustasi, uang saya dan teman-teman sebesar Rp150 juta raib dibawa kabur,” kisahnya.
 
Tapi berbagai peristiwa itu tak membuatnya terpuruk. Ia memulai bisnis es pisang ijo ini benar-benar berangkat dari nol, memakai sisa uang dari hasil penjualan pulsa.

Bahkan saat itu orang tua sempat melarangnya untuk berbisnis. Orangtua menginginkannya menjadi seorang pegawai, karyawan.
 
“Tapi saya ngotot berbisnis, meski dengan cara sembunyi-sembunyi. Sejak itulah saya rajin mengikuti berbagai seminar wirausaha dan baca buku-buku positif,” ucapnya.
 
Berkat kesuksesannya di dunia wirausaha ini, ia  sering mendapatkan berbagai penghargaan. Sebut saja diantaranya Wirausaha Muda Mandiri 2008, UKM Terbaik Spirit Entrepreneur, Setia Adhikarya Mahasiswa dan Pemuda Berprestasi 2010.

Tak Selesai Kuliah, Ahmed Haider Ciptakan Aplikasi Drone

Seolah belum puas, rencananya tahun depan akan ekspansi menembus pasar internasional.
 
“Ke depan, tidak hanya Justmine Pisang Ijo saja yang dikembangkan, saya pun akan merambah ke bisnis restoran. Ya, mudah-mudahan saja bisa terlaksana,” harap Riezka yang kini telah memiliki 35 karyawan ini.

Sara Blakely

Miliarder Sara Blakely Berbagi Nasihat Bisnis Terbaiknya

Pekerjakan orang yang mampu mengerjakannya buat Anda.

img_title
VIVA.co.id
4 Agustus 2016