Enam Gejala Kamu Kecanduan Kartu Kredit

Kartu Kredit
Sumber :
  • Halomoney
VIVA.co.id
Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros
- Memiliki kartu kredit memang menjadi tren gaya hidup masyarakat khususnya di perkotaan. Semuanya tampak lebih mudah dengan menggunakan kartu kredit karena tanpa membawa uang, Anda tinggal gesek dan transaksi keuangan selesai.

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik
Tetapi jangan salah. Banyak juga orang yang tidak mampu mengontrol penggunaannya dan merasa tidak lengkap tanpa melakukan transaksi kartu kredit. Memakai kartu kredit sih boleh-boleh saja, tetapi Anda harus bisa membatasi diri. Kalau tidak bisa-bisa Anda terjerat utang tanpa akhir.

Cara Hemat Atur Keuangan untuk Anak Kos
Nah. Halomoney sudah menyiapkan enam tanda Anda memiliki potensi untuk menjadi pecandu kartu kredit: 

1. Hanya kartu kredit solusi pembayaran transaksi

Anda mulai tidak terbiasa membayar secara tunai, dan langsung panik kalau tidak membawa kartu kredit meskipun cuma berbelanja di mini market. Anda bahkan lebih percaya diri membayar dengan kartu kredit ketimbang menggunakan uang di dompet. Parahnya lagi  Anda menggunakan kartu kredit untuk setiap transaksi kecil sekali pun. 

Buat Anda hanya kartu kreditlah solusi pembayaran sebuah transaksi.

2. Merasa selalu punya uang

Pecandu kartu kredit juga cenderung merasa selalu memiliki dana tak terbatas meskipun saat itu Anda sedang tidak punya uang. Anda akan oke saja diajak jalan-jalan, makan atau nongkrong bareng meskipun belum gajian. 

Keberadaan kartu kredit membuat Anda yakin bisa membayar semua pengeluaran. Namun ketika tagihan datang, baru deh Anda kelimpungan karena dananya tidak ada.


3. Memiliki lebih dari dua kartu kredit

Anda memiliki lebih dari dua kartu kredit di dompet dan semua dikeluarkan oleh bank yang berbeda. Anda bangga melakukannya dan bahkan akan mengurus kartu kredit baru bila ada kesempatan meskipun utang di kartu yang lama belum lunas.

Padahal pemilik kartu kredit yang bijaksana akan memilih satu kartu kredit yang limitnya cukup besar dan dapat diandalkan, daripada lebih dari dua kartu tetapi limitnya kecil. 


4. Menjadikan kartu kredit solusi masalah keuangan 

Kalau ada masalah keuangan, misalnya butuh uang cash untuk membayar utang pada teman, Anda menggunakan kartu kredit sebagai solusinya. Ibaratnya gali lubang tutup lubang.  Lebih parahnya lagi, Anda memutuskan untuk menggunakan kartu kredit bila gaji Anda tidak cukup. Padahal itu artinya Anda harus berutang terus.

Padahal kartu kredit bukanlah solusi masalah keuangan. Kartu kredit hanyalah alat pembayaran sementara yang selanjutnya harus dibayar kembali oleh Anda. Persepsi yang salah ini menyebabkan banyak orang yang terlilit utang kartu kredit.


5. Semua kartu kredit Anda overlimit

Ini bukti yang jelas kalau Anda menggunakan kartu kredit secara membabi buta. Bisa jadi karena keperluan mendesak atau untuk memenuhi kebutuhan konsumtif Anda. Kalau sudah begini Anda bukan saja sudah menjadi pecandu kartu kredit, tetapi juga dalam masalah besar.

Gunakan kartu kredit secara bijaksana dan jangan sampai kartu kredit Anda mencapai overlimit. Selain itu bayarlah semua tagihan lunas sehingga Anda tidak dikenai bunga kartu kredit.

6. Tidak kapok

Ciri kecanduan lainnya adalah Anda tidak kapok dalam mengunakan kartu kredit meskipun utang sudah menumpuk dan Anda tidak sanggup membayarnya. Setiap tagihan datang Anda akan selalu membayar dengan tagihan minimum hanya untuk bisa mempergunakan kartu kredit lagi di bulan berikutnya. 

Kalau  kamu masih membutuhkan modal berbisnis, manfaatkan fasilitas KTA dari berbagai bank penyedia, bandingkan beberapa produk KTA bersama HaloMoney sekarang!

Suka artikel ini? Baca ratusan artikel finansial menarik lainnya di sini!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya