4 Hukum Anomali Uang yang Wajib Anda Tahu

Goenardjoadi Goenawan
Sumber :
  • Dokumentasi Haesanmul Gansig

VIVA.co.id - Uang itu memiliki anomali atau keanehan dia tidak berlaku hukum linear. Dia tidak bergerak lurus.

1. Uang yang kita kejar akan mengakibatkan kenaikan standar kenikmatan sehingga cenderung membuat kita mengejar tanpa berhenti.

Anda sukses beli mobil BMW tambah sukses beli Mercedes-Benz tambah sampai 14 Lamborghini masih belum puas. Itu dinamakan hedonic treadmill.

2. Uang (kekuasaan) dalam jumlah besar berkumpul pada sumber kekuasaan. Itulah ciri-ciri uang. Oleh karena itu uang dalam jumlah besar bukan pada ukurannya kita, tapi sesuai ukurannya orang kaya.

Uang dalam jumlah besar berasal dari relationship (hubungan) dengan sumber kekuasaan.

3. Uang dalam jumlah besar dipertukarkan dengan hal-hal yang dinilai lebih daripada uang.

Ada seorang kaya yang mungkin anaknya sakit autis, ketika menikahkan anaknya rasanya bahagia melebihi semua harta yang dimiliki.

Oleh karena itu daripada mengejar uang lebih baik fokus pada nilai mata uang relationship dengan sumber kekuasaan yaitu keikhlasan, kesetiaan, empati, belas kasih, dan iba.

4. Iba adalah dasar kekuasaan paling tinggi. Semuanya mau kaya dan miskin minta tolong kepada Tuhan. Semuanya mohon pengampunan. Untuk mengerti permasalahan orang kaya dibutuhkan iba.

Permasalahan antara orang kaya dengan anak-anaknya, misalnya, hanya bisa dicari solusinya melalui rasa iba.

Anak, apalagi anak orang kaya, pertama yang dilakukan adalah menaklukkan orang tuanya. Itu sifat anak. Hal ini hanya bisa diatasi dengan rasa iba atas penyakit Hedonism complex, tadi point satu.

Di sinilah letak kelemahan sumber kekuasaan. Ada masalah pelik yang membutuhkan nilai kebijaksanaan. Karunia Tuhan kepada orang miskin adalah tak ternilai itu ditempa oleh kematangan jiwa.

Keikhlasan, kesetiaan, empati, belas kasihan, dan iba adalah karunia orang miskin.

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik


Cara Hemat Atur Keuangan untuk Anak Kos

Ir. Goenardjoadi Goenawan MM.

Konsultan dan motivator tentang paradigma baru tentang uang. Penulis 10 buku manajemen. Buku terbaru Money Intelligent: Rahasia Kaya, Jangan Cintai Uang (Ir. Goenardjoadi Goenawan, MM) , Kategori: Manajemen, Harga:  Rp43.800.  Money Intelligent: Rahasia Kaya, Mulai Berbisnis (Ir. Goenardjoadi Goenawan, MM.) , Kategori: Manajemen, Harga:  Rp47.800 . Mulai tersedia di toko-toko buku terdekat.

Ilustrasi boros belanja.

Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros

Siapa sih yang pengen hidup boros?

img_title
VIVA.co.id
27 September 2016